EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM MANBA’UL ULUM MAYONG JEPARA


Kholis Istifadah, 3601416013 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM MANBA’UL ULUM MAYONG JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601416013. kholis istifadah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang mampu menghasilkan warga negara yang baik ialah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, sehingga mampu menghadapi masalah kehidupan yang dihadapinya. Penggunaan sumber belajar dan metode pembelajaran yang kurang variatif dan monoton dapat menimbulkan kejenuhan pada peserta didik karena tidak dilibatkan langsung dalam proses belajar mengajar, akibatnya materi pembelajaran tidak sepenuhnya diterima baik oleh peserta didik, dalam melangsungkan tujuan IPS juga masih terdapat beberapa kendala di sekolah yaitu kurang aktifnya peserta didik dalam menerima pembelajaran IPS, serta belum dimanfaatkannya model atau media secara optimal serta kurangya sarana dan prasarana yang memadai. Permasalahan di atas dapat diatasi dengan diperlukannya kreatifitas guru dalam penggunaan metode, model dan sumber belajar sebagai pendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPS menggunakan media roda putar kelas VII F SMP Islam Manba’ul Ulum Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yang mengambil lokasi penelitian di SMP Islam Manba’ul Ulum Jepara. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP Islam Manba’ul Ulum Jepara, sementara sampel yang diambil adalah kelas VII F. Penelitian ini merupakan penelitian Pre- Ekperimental menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, tes serta angket. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran mendapatkan skor 76 dengan kriteria kriteria sangat tinggi.(2) Aktivitas belajar peserta didik dalam sub pembelajaran memiliki aktivitas tinggi 87,5% atau sekitar 28 peserta didik 12,5% sekitar 4 peserta didik sisanya memiliki kriteria cukup (3) Hasil belajar peserta didik jika dilihat dari awal ketuntasan hanya 6% peserta didik yang tuntas sedangkan pada hasil akhir tingkat ketuntasan menjadi 66% dan dalam ketuntasan belajar sudah mencapai KKM mata pelajaran IPS yaitu 7,30 sehingga dapat di katakan efektif. (4) Respon positif peserta didik mendapatkan hasil 84% dari 32 orang merespon tinggi sedangkan 16% lainnya merespon sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran IPS menggunakan media roda putar dalam hasil tersebut dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Roda Putar, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:12
Last Modified: 08 Mar 2022 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48962

Actions (login required)

View Item View Item