PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR BRIGHT AND THE BULLY SEBAGAI RESPON TERHADAP FENOMENA BULLYING PADA ANAK


Muhammad Khaidir Syafei, 2411413008 (2021) PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR BRIGHT AND THE BULLY SEBAGAI RESPON TERHADAP FENOMENA BULLYING PADA ANAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411413008 - muhammad khaidir syafei.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah sejatinya menjadi tempat berlangsungnya proses belajar mengajar serta tempat bertumbuh dan berkembangnya pribadi seseorang. Kenyamanan dalam menuntut ilmu pada bangku sekolah menjadi faktor penting untuk menunjang proses belajar yang efektif, akan tetapi pada era modern saat ini sekolah tidak jarang menjadi tempat bagi siswa dalam melakukan bullying. Aksi bullying dapat dicegah dengan meningkatkan kesadaran pada anak-anak akan bahaya bullying. Peningkatan kesadaran ini bisa dimulai dari memberikan pemahaman terkait bullying dan penanaman nilai moral, hal ini bertujuan agar anak-anak lebih peduli dan tahu bagaimana menghadapi bullying dengan cara positif. Dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut diperlukan sebuah media yang tepat untuk menyampaikan informasi terkait bullying. Melalui ilmu desain komunikasi visual, Penulis memberikan alternatif sarana penyampaian pengetahuan terkait bullying melalui cerita yang disampaikan dalam bentuk Buku bergambar yang ditulis oleh Tramaine William sebagai respon terhadap fenomena bullying pada anak-anak. Karya tersebut terancang dalam proyek studi “Perancangan Buku Bergambar Bright and The Bully Sebagai Respon Terhadap Fenomena Bullying Pada Anak”. Proses perancangan buku bergambar tersebut dilakukan dengan teknik digital menggunakan software Adobe Photoshop. Proses perancangan ini melalui beberapa tahapan proses berkarya yaitu proses pra produksi, proses produksi, dan proses pasca produksi. Semua ilustrasi yang terangkai dalam buku bergambar merupakan representasi dari cerita Bright and The Bully. Semua karya tersebut dikaji melalui spesifikasi, deskripsi, dan analisisnya. Ditinjau dari hasil analisis dalam segi estetis dan ilustratif, karya buku bergambar ini memiliki tampilan ilustratif yang lucu dan penuh warna. Dalam analisis komunikasi, karya ini merepresentasikan cerita dengan berbagai ilustrasi yang komunikatif. Diharapkan karya ini dapat mengedukasi dan menanamkan nilai moral pada anak terkait bullying.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Buku Bergambar, Bullying, Anak
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:55
Last Modified: 07 Mar 2022 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48953

Actions (login required)

View Item View Item