KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA POP UP BOOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA


Shella Septiana, 2101413090 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA POP UP BOOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413090 Shella Septiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu jenis teks genre faktual dalam kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia yang harus ditulis siswa adalah teks eksplanasi. Teks eksplanasi berisi sebuah penjelasan atau pemaparan mengenai suatu peristiwa yang memuat sebab akibat terjadinya peristiwa tersebut. Tentunya tidak menutup kemungkinan siswa akan merasa kesulitan saat harus menjelaskan proses-proses secara runtut dan rinci mengenai peristiwa yang terjadi. Terdapat beberapa jenis model pembelajaran yang bisa digunakan, diantaranya model pembelajaran probing-prompting dan model problem based learning. Kedua model pembelajaran tersebut menuntut keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga sangat cocok digunakan agar siswa tidak bosan dan materi pembelajaran tersamapaikan dengan baik. Selain itu, agar pembelajaran lebih menarik, guru dapat menggunakan media. salah satu contoh media pembelajaran yang menarik adalah pop up book. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi keefektifan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi menggunkan model probing prompting dengan bantuan media pop up book pada peserta didik kelas XI SMA, mendeskripsi keefektifan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi menggunkan model problem based learning dengan bantuan media pop up book pada peserta didik kelas XI SMA, serta mendeskripsi keefektifan antara hasil belajar keterampilan memproduksi teks eksplanasi menggunakan model probing-prompting dan model problem based learning dengan bantuan media pop up book pada peserta didik kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design). Penelitian dilakukan dengan melihat perbedaan hasil belajar dua kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan model probing prompting, sedangkan kelompok eskperimen 2 diberi perlakuan dengan menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi melalui media pop up book. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas: (1) model pembelajaran probing prompting dengan bantuan media pop up book

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran memproduksi teks eksplanasi, model probing prompting, model problem based learning, media pop up book.
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:39
Last Modified: 07 Mar 2022 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48952

Actions (login required)

View Item View Item