ASMAUL HUSNA DALAM AL QUR’AN (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)


M. Zaki Mubarok, 2303416016 (2020) ASMAUL HUSNA DALAM AL QUR’AN (ANALISIS MORFOSINTAKSIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ASMAUL HUSNA DALAM AL QUR’AN (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)] PDF (ASMAUL HUSNA DALAM AL QUR’AN (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Asmaul Husna merupakan kumpulan 99 nama-nama Allah yang kesemuannya menunjukan pada makna keindahan dan keperkasaan sifat Allah yang maha sempurna. Asmaul Husna di dalam al Qur‟an sangat kaya dengan bentuk kata, slot, model pola, kasus, fungsi sintaksis serta penanda gramatikal yang bervariatif sehingga sangat menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan pembentukan Asmaul Husna di dalam al Qur‟an secara morfologis; (2) mendeskripsikan slot Asmaul Husna di dalam al Qur‟an ; (3) mendeskripsikan model pola Asmaul Husna di dalam al Qur‟an ; (4) mendeskripsikan kasus dan fungsi sintaksis Asmaul Husna di dalam al Qur‟an ; (5) mendeskripsikan penanda gramatikal yang ada pada Asmaul Husna di dalam al Qur‟an . Penelitian ini digolongkan dalam jenis penelitian kualitatif dan menggunakan desain penelitian studi pustaka (library research). Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kartu data. Data dalam penelitian ini disajiakan dengan menggunakan teknik sampel pertimbangan (purposive sampling). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di dalam al Qur‟an ada 156 data Asmaul Husna berdasarkan pembentukannya ditemukan 3 data berupa ism jamid, dan 153 data berupa ism musytaq. Dari 153 data ism musytaq terdiri dari 91 data slot mubalaghah, 21 data slot ism fa‟il, 6 data slot mashdar, dan 35 data slot sifah musyabbahah. Dengan model pola terdiri dari 2 data dengan model pola ًعَ ,فَ 5 data dengan model pola ًعْ َف ,4 data dengan model pola ًعِ َف ,79 data dengan model pola ً١ْعِ َف ,9 data dengan model pola ْلََعْ َف ,15 data dengan model pola يْٛعُ ,فَ 2 data dengan model pola يْٛعُّ ُف ,1 data dengan model pola عايَ َف ,17 data dengan model pola ًع ِاَف ,15 data dengan model pola عايَّ َف ,1 data dengan model pola ًع ِف , ُِ1 data dengan model pola ًع ِ١ْ َف , ُِ1 data dengan model pola ًعِّ َف , ُِ1 data dengan model ِعً pola تَ ْف ُِ1 data dengan model pola ًعِّ . ُِتَفَا ِعً pola model dengan data 1 danُِ , تَفَ Dari 97 data berkasus raf‟, 2 data sebagai mubtada‟, 51 data berkasus khabar, 3 data berkasus fa‟il, 28 data sebagai khabar inna, 10 data sebagai na‟t (marfu‟),dan 3 data sebagai ma‟thuf (marfu‟). 31 data berkasus nashb 21 data sebagai khabar kana, 2 data sebagai maf‟ul bih, 1 data sebagai munada, 6 data sebagai tamyiz, dan 1 data sebagai na‟t (manshub). Dari 33 data berkasus jar 8 data sebagai majrur, 5 data sebagai mudhaf ilaih, dan 18 data sebagai na‟t (majrur), dan 2 data sebagai badal (majrur). 91 data berpenanda gramatikal dhammah yang x ditampakkan, dan 1 data berpenanda gramatikal dhammah yang dikira-kirakan, 31 data berpenanda gramatikal fathah yang ditampakkan, dan 33 data berpenanda gramatikal kasrah yang ditampakkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Al Qur‟an , Asmaul Husna : Morfologi; Sintaksis
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:42
Last Modified: 07 Mar 2022 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48951

Actions (login required)

View Item View Item