Strategi Pembelajaran Partisipatif Pada Program Keaksaraan Fungsional (KF) Di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.


Dany Kartika Yudha, 2008 (2008) Strategi Pembelajaran Partisipatif Pada Program Keaksaraan Fungsional (KF) Di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Pembelajaran Partisipatif Pada Program Keaksaraan Fungsional (KF) Di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.]
Preview
PDF (Strategi Pembelajaran Partisipatif Pada Program Keaksaraan Fungsional (KF) Di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.) - Published Version
Download (22kB) | Preview

Abstract

Dany Kartika Yudha. 2008. Strategi Pembelajaran Partisipatif Pada Program Keaksaraan Fungsional (KF) Di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Pembelajaran, Partisipatif, KF Ada banyak strategi belajar yang dikembangkan oleh Pendidikan Luar Sekolah (PLS) untuk program Keaksaraan Fungsional (KF) diantaranya yaitu strategi pembelajaran partisipatif. Strategi Pembelajaran Partisipatif merupakan upaya tutor melibatkan warga belajar (WB) dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “(1) Bagaimanakah strategi pembelajaran partisipatif (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi) pada program KF di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Ngudi Ilmu Barokah, Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang? (2) Apa faktor pendukung dan penghambatnya? (3) Apa sajakah upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat?”. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran partisipatif (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi) pada program KF di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang, dan (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat, dan (3) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yang dijadikan objek adalah PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi untuk pengecekan keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran partisipatif dilaksanakan di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang, mulai dari Perencanaan: keterlibatan WB dalam kegiatan mengidentifikasi kebutuhan belajar, permasalahan dan prioritas masalah, sumber-sumber atau potensi yang tersedia; Pelaksanaan: keterlibatan WB dalam menciptakan iklim yang kondusif ini mencakup kedisiplinan, pembinaan hubungan, interaksi, menekankan peranan WB yang lebih aktif melakukan kegiatan pembelajaran; Evaluasi melalui partisipasi menggunakan penilaian pelaksanaan pembelajaran yang mencakup penilaian terhadap proses, hasil, dan dampak pembelajaran. 2) Hambatan: adanya WB dengan karakteristik, kebutuhan dan prioritas masalah yang berbeda-beda, waktu pelaksanaan program,dan faktor usia; Pendukung: pemilihan program belajar sesuai dengan kebutuhan belajar WB, pelibatan WB secara aktif dalam program, adanya Taman Baca Masyarakat (TBM) dan Kelompok Belajar Usaha (KBU) konveksi serta pemberian keterampilan lainnya. 3) Cara mengatasiya: tutor dengan sabar melakukan pendekatan dan memberikan bantuan pada WB selama proses belajar berlangsung dan selalu memberikan kesempatan bagi WB untuk bertanya, pembentuk program keterampilan berupa KBU konveksi dan TBM agar WB lebih aktif dan antusias dalam mengikuti program KF, memberikan kesempatan kepada para WB yang belum bisa menguasai calistung untuk mengikuti program KF di tahun berikutnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak pengelola, tutor dan WB. Tutor perlu terus berupaya untuk membangkitkan motivasi, semangat, gairah WB. Untuk WB agar lebih meningkatkan lagi intensitas keaktifan serta antusias di dalam belajar, dan para WB yang belum bisa menguasai calistung untuk ikut program ulang KF di tahun berikutnya. Bagi pihak pengelola PKBM untuk lebih meningkatkan manajemen program KF serta terus menjalin kerjasama dengan pihak lain yang dapat mendukung program KF.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Partisipatif, KF
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 29 Sep 2011 00:51
Last Modified: 29 Sep 2011 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4895

Actions (login required)

View Item View Item