PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PROGRAM MUSIK SAMBAT OF SONG DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI


Adi Candra Wijaya, 2411316001 (2021) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PROGRAM MUSIK SAMBAT OF SONG DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411316001 - Adi candra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Program musik Sambat Of Song merupakan program musik yang dibuat oleh Eventsclick, program musik ini akan berjalan secara live streaming, dimana panggung darurat akan diadakan untuk para musisi Semarang yang terdampak pandemi, serta bagi netizen sebagai wadah untuk mencurahkan sambatannya pada live SOS. Mengingat Sambat Of Song merupakan program baru maka sangat dibutuhkannya visualisai branding yang sesuai dan menarik, supaya mudah dikenali dan diingat, agar dapat menarik netizen/masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam program musik Sambat Of Song ini. Untuk menjalankan sebuah program live musik diperlukan visual branding yang sesuai dengan konsep dan temanya, media promosi yang baikpun akan sangat diperlukan supaya program live musik dapat berjalan sesuai KPI (Key Permormance Indicator) sebagai panggung darurat bagi musisi Semarang serta sebagai wadah bagi para netijen untuk mencurahkan sambatannya. Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan identitas visual berupa logo, elemen visual dan diaplikasikan ke beberapa media komunikasi disajikan dalam beberapa katogori bentuk, yaitu online promotion, offline promotion, stationary sets, cocard dan merchandise. Proses perancangan identitas visual program musik Sambat Of Song ini melalui beberapa tahap. (1) Proses pra-produksi, meliputi riset, penetapan tujuan karya, penetapan target audience, strategi perancangan, dan pemilihan media. (2) Proses produksi, meliputi perancangan sketsa, konsultasi, dan perancangan final design. (3) Proses pasca produksi, meliputi pameran karya dan presentasi karya. Proses perancangan identitas visual program musik Sambat Of Song menghasilkan berbagai rancangan karya, mulai dari logo, elemen visual, tipografi, online promotion (Instagram) offline promotion (poster, banner, billboard), stationary set, cocard, merchandise (kaos, totebag, masker). Tiap karya tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda akan tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membentuk branding yang baik untuk program musik Sambat Of Song. Harapan perancangan identitas visual program musik Sambat Of Song adalah untuk membangun brand image yang berkarakter melalui tampilan visual dan membangun citra program musik yang sesuai dengan segmentasi pasar, juga menjadi nilai tambah dan membuat suatu brand atau program musik yang berguna untuk masyarakat Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Identitas Visual, Branding, Sambat Of Song
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:20
Last Modified: 07 Mar 2022 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48947

Actions (login required)

View Item View Item