PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG NAMA DAN BAGIAN TUMBUHAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR


Mohamad Chandra Aulia, 2411315005 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG NAMA DAN BAGIAN TUMBUHAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411315005 - Chandra Aulia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang disajikan dalam bentuk buku atau penjelasan lisan membuat siswa kurang tertarik karena monoton (tidak bergerak, gambar hitam putih, banyak teks). Terutama pelajaran IPA karena banyaknya materi yang perlu dipelajari, maka membutuhkan inovasi atau solusi berupa media pembelajaran interaktif untuk membantu mempermudah pemahaman materi. Dengan memperhatikan hal tersebut tugas akhir ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang bernama “Mengenal Bagian Tumbuhan” yang dapat dioperasikan di komputer, laptop atau smartphone android. Aplikasi Mengenal Bagian Tumbuhan berisi materi Ilmu Pengetahuan Alam tentang jenis dan ciri-ciri akar, batang, dauh, bunga dan buah untuk anak Sekolah Dasar atau sekitar usia 8-9 tahun yang mengacu pada kurikulum 2013. Proses berkarya dalam tugas akhir ini terdiri dari riset, pengumpulan data, perancangan ide, analisis target audience, mencari referensi, perancangan sketsa, penataan karya, pameran, konsultasi dosen pembimbing, pencetakan dan publishing dengan keseluruhan software yang digunakan adalah Adobe Illustrator CC 2017, Adobe Animate CC 2017, dan Audacity ver 2.3.0 dengan mengambil konsep funny sesuai target untuk anak-anak. Dengan adanya aplikasi multimedia interaktif ini penulis berharap dapat memberikan manfaat dan memotivasi anak dan miempermudah tenaga pengajar dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam serta bermanfaat bagi desainer atau pemilik usaha kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Biologi, Bagian Tumbuhan
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:07
Last Modified: 07 Mar 2022 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48945

Actions (login required)

View Item View Item