POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA KELUARGA PETANI (Studi di Desa Kebonagung, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan)


Dicky Ventika, 1201416075 (2021) POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA KELUARGA PETANI (Studi di Desa Kebonagung, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA KELUARGA PETANI (Studi di Desa Kebonagung, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan)] PDF (POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA KELUARGA PETANI (Studi di Desa Kebonagung, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tentang pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini pada keluarga petani di Desa Kebonagung, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan (2) Mendeskripsikan faktor – fakkor yang mendukung dan menghambat pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini pada keluarga petani di Desa Kebonagung, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan. Orang tua atau keluarga merupakan pendidikan utama bagi anak dan harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, hendaknya orang tua harus berperilaku atau berkarakter baik sehingga kelak anak akan mempunyai karakter yang baik pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi Penelitian ini di Desa Kebonagung Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara .Keabsahan data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) pola asuh orangtua yang sering diterapkan kepada anak di dalam keluarga adalah pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis. Hasil penelitian kepada lima narasumber pada keluarga petani di Desa Kebonagung Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan menunjukan bahwa tiga diantaranya menggunakan pola asuh demokratis dan dua diantaranya menggunakan pola asuh otoriter. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan anak Usia Dini Perkembangan yang terjadi pada diri seseorang, ternyata menyangkut berbagai aspek, tidak saja masalah fisik semata, tetapi berkaitan dengan masalah kognitif, moral, agama maupun psikososial. Terjadinya perkembangan tersebut di Desa Kebonagung Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan bahwa dipengaruhi faktor hereditas/ keturunan. Simpulan dan saran dari penelitian ini yaitu pola asuh yang diterapkan adalah pola asuh demokratis dan faktor yang mempengaruhi adalah faktor hereditas/keturunan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai landasan atau pertimbangan bagi para peneliti selanjutnya yang merasa tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang keluarga, dalam hal pendidikan dan pola asuh yang diterapkan kepada anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Karakter Anak, Keluarga Petani
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:14
Last Modified: 07 Mar 2022 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48944

Actions (login required)

View Item View Item