HUBUNGAN ANTARA MUTU POSTNATAL CARE TERHADAP KEPUASAN IBU NIFAS DI PUSKESMAS KARANGDORO KOTA SEMARANG


Rafika Putri Aisyah, 6411415089 (2021) HUBUNGAN ANTARA MUTU POSTNATAL CARE TERHADAP KEPUASAN IBU NIFAS DI PUSKESMAS KARANGDORO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA MUTU POSTNATAL CARE TERHADAP KEPUASAN IBU NIFAS DI PUSKESMAS KARANGDORO KOTA SEMARANG] PDF (HUBUNGAN ANTARA MUTU POSTNATAL CARE TERHADAP KEPUASAN IBU NIFAS DI PUSKESMAS KARANGDORO KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masa nifas merupakan masa setelah persalinan yang paling berisiko bagi ibu dan bayi karena masih dalam masa pemulihan. Ibu nifas memerlukan pelayanan kesehatan yang bermutu untuk memantau kesehatan ibu. Mutu pelayanan kesehatan nifas terlihat dari angka kunjungan ibu nifas ke fasilitas kesehatan sesuai standar yaitu 3 kali kunjungan. Puskesmas Karangdoro Semarang pada tahun 2019 memiliki angka kunjungan nifas sebesar 95,84% dimana angka tersebut masih dibawah target (100%). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara mutu postnatal care terhadap kepuasan ibu nifas di Puskesmas Karangdoro Kota Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 responden dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini diukur menggunakan kuesioner untuk mengukur variabel mutu postnatal care yang terdiri dari dimensi aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah, dan kebijakan serta variabel terikatnya yaitu kepuasan ibu nifas. Analisis data dilakukan dengan uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara dimensi aspek fisik (p=0,003), reliabilitas (p=0,003), interaksi personal (p=0,000), pemecahan masalah (p=0,015), dan kebijakan (p=0,001) dengan kepuasan ibu nifas. Saran penelitian ini adalah dapat meningkatkan mutu pelayanan pada aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah, dan kebijakan dalam pelayanan postnatal care.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: postnatal care, mutu pelayanan, kepuasan ibu nifas
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:00
Last Modified: 07 Mar 2022 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48943

Actions (login required)

View Item View Item