TINJAUAN PEMENUHAN STANDAR MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN DALAM PENCAPAIAN AKREDITASI RUMAH SAKIT (Studi Kasus di Rumah Sakit X)


Thariq Sayyid Assyuhur, 6411415030 (2020) TINJAUAN PEMENUHAN STANDAR MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN DALAM PENCAPAIAN AKREDITASI RUMAH SAKIT (Studi Kasus di Rumah Sakit X). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINJAUAN PEMENUHAN STANDAR MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN DALAM PENCAPAIAN AKREDITASI RUMAH SAKIT (Studi Kasus di Rumah Sakit X)] PDF (TINJAUAN PEMENUHAN STANDAR MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN DALAM PENCAPAIAN AKREDITASI RUMAH SAKIT (Studi Kasus di Rumah Sakit X)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan akibat kerja di rumah sakit pada tahun 2013 2 kali lebih besar dari pada industry lain. Di Indonesia terdapat 2.869 Rumah Sakit dan 2.274 (79,3%) nya merupakan Rumah sakit Umun. 1926 (67,7%) Rumah sakit di Indoneisa merukapan Rumah sakit yang memiliki oleh swasta. Dari jumlah tersebut baru 1610 (56%) Rumah Sakit yang telah terakreditasi, dengan 674 (41,9%) Rumah Sakit masih berstatus lulus perdana yaitu 674 (41,9%) Jawa Tengah menempati urutan ketiga daerah dengan jumlah Rumah Sakit terbanyak di Indonesia yaitu sejumlah 303 rumah sakit. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu panduan wawancara, lembar observasi dan lembar studi dokumentasi. Sumber data atau informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Penyajian data pada penelitian ini jenis statistiknya berupa teknik persentase dan visualisasinya berbentuk tabel. Hasil penelitian ini ada 9 parameter dan 100 elemen penilaian. Rekapitulasi hasil 91 (91%) elemen penilaian terpenuhi dan 9 (9%) terpenuhi sebagian. Berdasarkan rekapitulasi hasil penelitian pada standar MFK di RSUD Kartini Kota Jepara, elemen penilaian yang terpenuhi dengan presentase terbesar terdapat pada parameter Kepemimpinan dan perencanaan, kesiapan penanggulangan bencana, peralatan medis yaitu sebesar 100%. Sedangkan elemen penilaian yang tidak terpenuhi dengan presentase terbesar tidak terdapat pada parameter manapun itu artinya penerapan MFK dalam RSUD Kartini Jepara sudah cukup baik. Saran penelitian ini adalah Bagian Sumber Daya Manusia perlu untuk mengajukan staf agar mengikuti pelatihan peralatan medis, sistem utilitas, serta manajemen fasilitas dan keselamatan agar rumah sakit memiliki staf yang kompeten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akreditasi, Rumah Sakit, Manajemen Fasilitas dan Keselamatan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:49
Last Modified: 07 Mar 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48939

Actions (login required)

View Item View Item