PENERAPAN MANAJEMEN KEBAKARAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN X


Antono Indriyatmoko, 6411414004 (2020) PENERAPAN MANAJEMEN KEBAKARAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MANAJEMEN KEBAKARAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN X] PDF (PENERAPAN MANAJEMEN KEBAKARAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN X) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Data kebakaran di wilayah Kota Semarang pada tahun 2018 tercatat sebanyak 69 kasus, mengalami peningkatan kenaikan kasus sebesar 81,6% dibandingkan data kasus kebakaran di tahun 2017. Manajemen kebakaran penting untuk diperhatikan khususnya di lembaga pemasyarakatan, hal tersebut dikarenakan kondisi penghuni lapas yang rentan menjadi korban karena lapas merupakan suatu bangunan yang didesain agar penghuni di dalamnya tidak dapat mendapatkan akses keluar sehingga perlu adanya kebijakan dan tindakan yang dapat melindungi baik nyawa manusia maupun dokumen penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan manajemen kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan X. Jenis penelitian ini adalah peneilitan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, panduan wawancara, dan lembar studi dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah kepala Lapas, kepala kesatuan pengamanan Lapas, dan petugas pengamanan Lapas. Hasil penelitian menunjukan dari 88 elemen penilaian penerapan manajemen kebakaran di Lembaga Permasyarakatan X terdapat 30 (34%) elemen penilaian terpenuhi dan 58 (66%) elemen penilaian tidak sesuai penilaian. Simpulan dalam penelitian ini adalah tingkat pemenuhan manajemen kebakaran di Lembaga Permasyarakatan X dalam kategori rendah. Saran yang diberikan yaitu dibentuk kebijakan manajemen kebakaran, prosedur penanggulangan kebakaran serta program untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebakaran, manajemen kebakaran, lapas
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:31
Last Modified: 07 Mar 2022 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48934

Actions (login required)

View Item View Item