MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MELALUI GAME DIGITAL DENGAN APLIKASI RPG MAKER MV PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELURAHAN DEPOK KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN


Wahyu Dita Wijaya S.K, 1601415093 (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MELALUI GAME DIGITAL DENGAN APLIKASI RPG MAKER MV PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELURAHAN DEPOK KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415093 - Wahyu Dita Wijaya K.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan aplikasi RPG maker MV dalam pembuatan konsep dan alur cerita untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak pada keterampilan mendengar, berbicara, membaca , dan menulis. Selain itu untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan dalam kemampuan bahasa inggris anak setelah diberikan perlakuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental design dengan jenis desain one group pretest-posttest design. Temuan penelitian untuk mengukur peningkatan kemampuan bahasa inggris anak yaitu skalalikert dengan pengisian dalam bentuk checklist. Populasi dalam penelitian ini adalah warga kelurahan Depok yang terdiri dari 14. 510 orang, dari jumlah penduduk tersebut terdapat 1,135 anak usia 5-9 tahun. Sedangkan karakteristik dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Depok. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-random sampling dengan pengambilan sampling kuota.” Menurut Sugiyono (Sugiyono, 2016, p. 124) Sampling kuota adalah teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah atau kuota yang diinginkan. Sampel penelitian ini adalah 30 anak usia 5-6 tahun. Game digital dapat membantu anak untuk fokus dan memperhatikan materi pada saat proses bermain, sehingga berdampak dalam meningkatnya pemahaman sesuai materi yang telah diberikan. Aplikasi RPG Maker MV dapat dikembangkan dan digunakan pada pembelajaran di TK, dengan catatan perlunya membuat tema yang lain untuk melengkapi pembelajaran bertema. Perkembangan kemampuan bahasa inggris anak sesuai dengan keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis meningkat setelah dengan adanya perlakuan. Saran untuk peneliti selanjutnya, Diharapkan dapat membuat full tema agar game digital dengan aplikasi RPG Maker MV dapat digunakan pada pembelajaran di lembaga TK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa Inggris, Game Digital, RPG Maker MV, Kelurahan Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:28
Last Modified: 07 Mar 2022 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48933

Actions (login required)

View Item View Item