PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING THE SOSYS BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 36 SEMARANG


Muhammad Rizqi Asy Syfa, 1102416047 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING THE SOSYS BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 36 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416047_Full Draft Fix Skripsi The Sosys - Muhammad Rizqi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi kian berkembang pesat seiring dengan perubahan zaman, tak terkecuali pada bidang pendidikan yakni media pembelajaran. Didasari dari hasil pengamatan oleh peneliti di SMP Negeri 36 Semarang terdapat indikasi fenomena kurang maksimalnya hasil belajar siswa, siswa kelas VII merasa kesulitan pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terutama materi Sistem Tata Surya. Penyebabnya dikarenakan dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode konvensional yakni metode ceramah. Selain itu, ditemukan juga hambatan lain, yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mobile learning The Sosys berbasis android sebagai solusi permasalahan pembelajaran dan mengetahui keefektifan media pembelajaran tersebut. Objek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 36 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah development research dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian pengembangan media mobile learning The Sosys berbasis android sebagai berikut. Hasil uji kelayakan media oleh dua ahli media didapatkan hasil dengan kriteria sangat baik pada semua aspek yaitu aspek desain tampilan, aspek konten, aspek bahasa, aspek animasi, dan aspek kemudahan penggunaan media dengan rata-rata prosentase sebesar 95%. Sedangkan dari dua ahli materi juga diperoleh hasil dengan kriteria sangat baik pada semua aspek, yaitu aspek kesesuaian materi dan aspek kesesuaian bahasa dengan rata-rata prosentase sebesar 92,14%. Hasil uji t-Test diperoleh ttabel = 1,697 dan thitung = 5,025 maka thitung > ttabel, dimana 5,025 > 1,697, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan dan peningkatan nilai rata-rata pretest dengan posttest. Hasil uji keefektifan dengan uji n-gain diperoleh gain score sebesar 0,4203 atau 42,03%. Karena gain score berada dalam rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 atau 30% ≤ g ≤ 70% atau masuk kedalam kategori sedang, maka Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media mobile learning The Sosys berbasis android layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP Negeri 36 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Android, Mobile Learning, Pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:49
Last Modified: 07 Mar 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48932

Actions (login required)

View Item View Item