KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA DI MASA NORMAL BARU DITINJAU DARI THE BIG FIVE PERSONALITY TRAITS PADA LULUSAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Setiyo Adi Pambudi, 1511416086 (2021) KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA DI MASA NORMAL BARU DITINJAU DARI THE BIG FIVE PERSONALITY TRAITS PADA LULUSAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416086 - SETIYO ADI PAMBUDI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dampak virus corona (covid19) tidak hanya pada bidang kesehatan saja, setelah WHO menetapkan kasus corona sebagai pandemi, ekonomi global menjadi melambat. Akibat dari kondisi tersebut menurut Badan Perencanan Pembangunan Nasional (Bappenas) terdapat 3,7 juta jumlah pengangguran baru yang terdampak akibat wabah corona dan diprediksi jumlahnya akan terus meningkat hingga 4,22 juta orang pada tahun 2020. Memperoleh pekerjaan bukanlah hal yang mudah karena rendahnya jumlah lapangan kerja dan tingginya jumlah angkatan kerja akan menimbulkan kecemasan pada fresh gradute untuk memperoleh pekerjaan. Salah satu faktor yang mempengarahui kecemasan adalah kepribadian pada indvidu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecemasan menghadapi dunia kerja di masa normal baru ditinjau dari the big five personality traits pada lulusan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang telah melaksanakan sidang skripsi/tugas akhir dan dinyatakan lulus. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 283 subjek dengan menggunakan teknik sampling kuota. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kecemasan menghadapi dunia kerja yang berisi 23 aitem dengan koefisien reliabilitas = 0,913 dan skala the big five personality trait yang diadaptasi dari Ramdhani. Hasil perhitungan dibantu dengan software pengolah data, mendapatkan hasil bahwa kecemasan menghadapi dunia kerja pada lulusan dalam kategori sedang. Uji hipeotesis dilakukan dengan menggunakan metode One-Way Anova Analysis of Variance diperoleh hasil F sebesar 11,524 dengan signifikansi sebesar 0,000. Sehingga, hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian yaitu terdapat perbedaan kecemasan menghadapi dunia kerja pada masa normal baru ditinjau dari the big five personality pada Mahasiswa lulusan Universitas Negeri Semarang diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja, The Big Five Personality
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:23
Last Modified: 07 Mar 2022 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48930

Actions (login required)

View Item View Item