HUBUNGAN ANTARA TEACHER EFFICACY DENGAN KEPUASAN KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI INKLUSI DI KOTA SEMARANG


Wahid Priambodho, 1511415096 (2021) HUBUNGAN ANTARA TEACHER EFFICACY DENGAN KEPUASAN KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI INKLUSI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511415096 - Wahid Priambodho.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Idealnya program sekolah inklusi, guru mengakomodasi dan memberi dukungan untuk kebutuhan semua siswa di dalam kelas dengan tidak ada paksaan dan tidak mengurangi hak siswa. Namun pada kenyataannya, masih banyak permasalahan yang ada di sekolah dasar negeri inklusi seperti kurangnya Guru Pendamping Khusus (GPK), kurangnya kompetensi guru dalam menangani ABK, kurangnya pemahaman guru tentang ABK dan sekolah inklusi, latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai, guru mengalami kesulitan dengan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara teacher efficacy dengan kepuasan kerja pada guru sekolah dasar negeri inklusi di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan yaitu guru sekolah dasar negeri inklusi di Kota Semarang dengan sampel sebanyak 112 subjek. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa skala kepuasan kerja yang dibuat berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Luthan (2006:243) dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,952 dan teacher efficacy yang di adaptasi dari Teacher’s sense ef efficacy scale dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,966. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa gambaran kepuasan kerja dan teacher efficacy pada guru sekolah dasar negeri inklusi di Kota Semarang secara umum pada kategori tinggi. Hasil koefisien korelasi teacher efficacy dengan kepuasan kerja sebesar 0,711. Hasil nilai signifikansi pada penelitian adalah 0,000 sehingga p<0,01 menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara teacher efficacy dengan kepuasan kerja pada guru sekolah dasar negeri inklusi di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teacher Efficacy, Kepuasan Kerja, Guru Sekolah Dasar Negeri Inklusi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 05:25
Last Modified: 07 Mar 2022 05:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48927

Actions (login required)

View Item View Item