KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA LINIMASA CARD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN BREBES


Nova Eka Pratama, - (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA LINIMASA CARD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416426 - Nova Eka Pratama.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara, Kabupaten Brebes terhadap muatan pembelajaran IPS khususnya materi peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan data hasil pra-penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS belum maksimal karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta minimnya fasilitas belajar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media linimasa card game terhadap hasil belajar IPS materi Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia serta mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Brebes. Penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media linimasa card game menekankan pada proses kegiatan penemuan dengan melibatkan keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Brebes dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN Kaliwlingi 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Kaliwlingi 02 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 79,04 sedangkan dikelas kontrol sebesar 67,38. Hasil uji n-gain kelas eksperimen diperoleh 0,630 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol yaitu 0,416 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung sebesar 4,6342 dan ttabel sebesar 2,0210, thitung> ttabel (4,6342>2,0210) yang artinya model pembelajaran Inkuiri berbantuan media linimasa card game lebih efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Inkuiri berbantuan media linimasa card game efektif digunakan pada pembelajaran IPS, adapun saran yang diberikan adalah 1) guru harus menguasai proses pembelajaran; 2) memantau kesiapan siswa sebelum pembelajaran dimulai; 3) perlunya dukungan dari sekolah terhadap model pembelajaran inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; Inkuiri; IPS; keefektifan; linimasa card game.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 05:14
Last Modified: 07 Mar 2022 05:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48926

Actions (login required)

View Item View Item