KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA MULTIPLICATION STICK BOX TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SD GUGUS DAHLIA KABUPATEN KUDUS


Firda Nur Amalia Putri, - (2020) KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA MULTIPLICATION STICK BOX TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SD GUGUS DAHLIA KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416062 - Firda Nur Amaliaputri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika materi operasi perkalian, berdasarkan hasil wawancara dan nilai matematika siswa kelas III SD Gugus Dahlia Kabupaten Kudus kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Guru cenderung menggunakan model direct intruction serta kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga perlu adanya perlakuan yaitu dengan menerapkan model Two Stay Two Stray (Ts-Ts) berbantuan media Multiplication Stick Box. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Two Stay Two Stray (Ts-Ts) berbantuan media Multiplication Stick Box terhadap hasil belajar operasi hitung perkalian kelas III SD Gugus Dahlia kabupaten Kudus. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Gugus Dahlia Kabupaten Kudus yang terdiri dari 5 SD, pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling, terdiri dari siswa SD 1 Rahtawu sebagai kelas eksperimen dan siswa SD 4 Rahtawu sebagai kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Variabel bebasnya adalah model Two Stay Two Stray berbantuan media Multiplication Stick Box dan pembelajaran model direct intruction dengan media sempoa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bawa model Two Stay Two Stray berbantuan media Multiplication Stick Box pada kelas eksperimen lebih efektif dari pada model direct intruction dengan media sempoa pada kelas kontrol dengan ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75% sedangkan kelas kontrol kurang dari 75%, (2,295) > (1,686) dan N-gain kelas eksperimen (0,346) > kelas kontrol (0,172). Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran model Two Stay Two Stray berbantuan media Multiplication Stick Box lebih efektif dibanding model direct intruction dengan media sempoa terhadap hasil belajar operasi hitung perkalian kelas III SD Gugus Dahlia Kabupaten Kudus. Saran penelitian ini adalah yaitu sekolah harus memberikan fasilitas yang mendukung seperti media pembelajaran sehingga dapat menambah motivasi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ts-Ts; Multiplication Stick Box; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:24
Last Modified: 07 Mar 2022 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48923

Actions (login required)

View Item View Item