Studi Deskriptif Tentang Perencanaan Program Keaksaraan Fungsional Di Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.


Ayu Virgiani Ariesta, 2008 (2008) Studi Deskriptif Tentang Perencanaan Program Keaksaraan Fungsional Di Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Deskriptif Tentang Perencanaan Program Keaksaraan Fungsional Di Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.]
Preview
PDF (Studi Deskriptif Tentang Perencanaan Program Keaksaraan Fungsional Di Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.) - Published Version
Download (20kB) | Preview

Abstract

Ayu Virgiani Ariesta. 2008. Studi Deskriptif Tentang Perencanaan Program Keaksaraan Fungsional Di Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dra. Liliek Desmawati, M. Pd, Drs. Amin Yusuf, M. Si. Perencanaan program KF selama ini hanya berdasarkan target yang ditetapkan dalam proyek, dengan memahami kondisi ini perencanaan program KF perlu diubah strateginya yaitu dimulai dari tingkat paling bawah (bottom up). Dalam membuat perencanaan, prinsip dasar yang perlu diingat adalah masyarakat memiliki potensi, situasi, kondisi dan kebutuhan yang berbeda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan program keaksaraan fungsional di Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan? (2) Apa sajakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat perencanaan program?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan program KF, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan program Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus, Subyek penelitian adalah perencana program, tutor, WB. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi. Keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, kepastian disamping itu menggunakan teknik trianggulasi sumber, dan Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian deskripsi perencanaan program yaitu (1) warga belajar berjumlah 100 WB dijadikan 5 kelompok belajar. (2) Tutor berjumlah 5 orang.(3) Penyelenggara berjumlah 5 orang yang ditunjuk langsung oleh dinas kecamatan. (4) Tempat, dekat dengan tempat tinggal warga belajar. (5) Waktu 256 jam untuk tiap tingkat pembelajaran berbeda-beda. (6) PBM, materi belajar membaca, menulis, berhitung. Metode disesuaikan dengan kebutuhan WB. Media menggunakan potensi yang ada disekitar. Strategi, pembelajaran dibuat senyaman mungkin supaya WB tidak merasa takut bertanya akan kesulitan yang mereka rasakan. (7) Evaluasi, awal, selama dan akhir pembelajaran. Faktor pendukung adanya dana pendukung dan data dari BPS. Faktor penghambat yaitu sinkronisasi data yang BPS dengan yang diperoleh dilapangan dan rasa malu untuk belajar. Upaya mengatasinya yaitu perlunya kerjasama antar instansi yang terkait dalam program KF dan menumbuhkan motivasi untuk belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa perencanaan program KF di desa Sumberjosari mengungkap mengenai WB, tutor, penyelenggara, tempat, waktu, PBM, dan evaluasi. Saran dalam penelitian yaitu: (1) Diharapkan adanya kreativitas dari tutor dalam rangka mengembangkan metode pembelajaran program KF (2) Diharapkan supaya warga belajar lebih meningkatkan intensitas kehadirannya dalam kelompok belajar. Kata kunci :Perencanaan Program KF

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 29 Sep 2011 00:40
Last Modified: 29 Sep 2011 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item View Item