PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN KECANTIKAN DASAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOMPETENSI KEAHLIAN KULIT DAN RAMBUT


Dwi Anggraini, 0106518067 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN KECANTIKAN DASAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOMPETENSI KEAHLIAN KULIT DAN RAMBUT. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0106518067.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya instrumen penilaian kemandirian siswa pada mata pelajaran kecantikan dasar yang teruji validitas maupun reliabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli. 2) Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen yang dikembangkan berdasarkan uji coba dilapangan. 3) Untuk menggeneralisasikan faktor-faktor dari instrumen penilaian kemandiriaan siswa pada mata pelajaran kecantikan dasar di smk kompetensi keahlian tata kecantikan kulit dan rambut. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar pengamatan untuk guru dan penilaian diri untuk siswa. Berdasarkan model pengembangan Mardapi (2012: 149) terdapat sepuluh (10) langkah yang pengembangan instrumen afektif, yang kemudian dimodivikasi menjadi 8 langkah. Dalam uji validitas dan reliabilitas isi instrumen, peneliti menggunakan 3 expert judgement untuk menilai isi instrumen tersebut, yang kemudian diuji validitasnya menggunakan formula Aikens V dan ICC (Intraclass Correlation Coeficient) untuk uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan dalam uji coba lapangan menggunakan EFA (Exploratory Facktor Anlysis) untuk mengetahui validitas konstruk berdasarkan nilai loadings factor dan faktor-faktor yang terbentuk dalam instrumen dan reliabilitas konstruk menggunakan alpha cronbach. Hasil dalam penelitian ini, untuk uji validitas isi instrumen memperoleh skor rerata dari V indeks adalah 0,69, dimana skor tersebut > 0,3 maka dinyatakan valid. Berdasarkan uji reliabilitas memperoleh perhitungan nilai ICC dilihat dari Single Measures = 0,698, menurut Dommenic V Cicchetti (1994:286), ketika koefisien reliabilitas diantara 0,60 – 0,74 maka reliabilitas dinyatakan Baik. Validitas konstruk dalam penelitian ini memperoleh skor rerata loadings factor 0,557, dimana skor tesebut > 0,3 maka dinyatakan valid. Reliabilitas konstruk memperoleh skor 0,649, dimana skor tersebut > 0,6 maka dinyatakan reliabel dan termasuk dalam kategori cukup baik. Instrumen lembar observasi kemandirian siswa yang telah dianalisis menggunakan analisis eksploratori faktor dari 7 indikator terbentuk 2 faktor. Sedangkan untuk instrumen penilaian diri yang terdiri dari 24 butir setelah dianalisis menggunakan analisis faktor terbentuk 7 faktor. Faktor-faktor tersebut adalah responsif siswa, kemampuan penyelesaian tugas, kreativitas siswa, upgrading ilmu, semangat belajar, daya juang siswa, profesionalitas siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Penilaian, Validitas, Reliabilitas, Faktor
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:10
Last Modified: 24 Feb 2022 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48841

Actions (login required)

View Item View Item