PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PROGRAM BERBASIS CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT DAN OUTCOMES BAGI GURU BIMBINGAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH ATAS


Yoseph Pedhu, 0102614001 (2020) PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PROGRAM BERBASIS CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT DAN OUTCOMES BAGI GURU BIMBINGAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0102614001.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Evaluasi program model CIPPO adalah kegiatan pengumpulan dan analisis data tentang keefektifan pelaksanaan program BK yang meliputi evaluasi context, input, process, product, dan outcomes. Kinerja guru BK adalah kemampuan guru BK dalam mengelola program BK yang meliputi tahap persiapan (analisis kebutuhan), perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut program. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pelaksanaan evaluasi program BK SMA Katolik di Jakarta Barat, (2) menganalisis tingkat kinerja guru BK SMA Katolik di Jakarta Barat, (3) menghasilkan model evaluasi program berbasis CIPPO untuk meningkatkan kinerja guru BK di SMA Katolik di Jakarta Barat, dan (4) mengkaji tingkat kefektifan model evaluasi program berbasis CIPPO untuk meningkatkan kinerja guru BK SMA Katolik di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMA Katolik di Jakarta Barat. Instrumen yang digunakan adalah skala kinerja guru BK yang disusun berdasarkan teori yang dipaparkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Pasal 8 ayat 2 berkenaan dengan mekanisme pengelolaan BK (2014). Validitas isi instrumen diperoleh melalui penilaian ahli dan praktisi BK dan uji validitas dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 25.00 for windows dan diperoleh 58 item yang valid dari 60 item dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,979. Teknik analisis data meliputi analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan analisis deskriptif terkait dengan model evaluasi program berbasis CIPPO. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji beda Wilcoxon untuk menganalisis keefektifan model evaluasi program berbasis CIPPO untuk meningkatkan kinerja guru BK sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan dengan menggunakan desain pra-eksperimen dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Uji beda Wilcoxon dilakukan untuk mencari perbedaan antara pretest dan postest dengan menggunakan bantuan SPSS 25.00 for windows. vi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi program BK di SMA Katolik di Jakarta Barat belum menggunakan model evaluasi yang komprehensif. Kondisi kinerja guru BK SMA Katolik di Jakarta Barat dikategorikan pada tingkat sedang. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis semua komponen kinerja berada pada tingkat sedang. Berdasarkan hasil kajian akademis baik dari validator ahli maupun validator praktisi BK, model evaluasi program berbasis CIPPO layak untuk digunakan untuk meningkatkan kinerja guru BK SMA Katolik di Jakarta Barat. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa model yang dirancang layak untuk diimplementasikan di sekolah sesuai dengan nilai teori dan praktis yang dimiliki pada model ini. Berdasarkan hasil kajian dan keterlaksanaan di SMA Katolik di Jakarta Barat, implementasi model evaluasi program berbasis CIPPO efektif meningkatkan kinerja guru BK. Hasil uji Wilcoxon antara pretest dan posttes baik pada masing-masing komponen maupun kinerja guru BK secara keseluruhan (skor total) menunjukkan perbedaan hasil yang signifikan (p=0.000˂0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja guru BK antara sebelum dan sesudah memperoleh model evaluasi program berbasis CIPPO. Implementasi model evaluasi program berbasis CIPPO memberikan dampak positif bagi peningkatan kinerja guru BK SMA Katolik di Jakarta Barat. Berdasarkan hasil penelitian, guru BK diharapkan dapat menggunakan model evaluasi program berbasis CIPPO yang telah dikembangkan untuk meningkatkan kinerja dalam mengelola BK karena model ini efektif dan bersifat komprehensif. Selain itu, pihak sekolah diharapkan dapat memberikan kesempatan, dukungan, dan fasilitas kepada guru BK untuk menerapkan model evaluasi program berbasis CIPPO yang telah dikembangkan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi program berbasis CIPPO, kinerja guru BK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Konseling, S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 16 Feb 2022 13:10
Last Modified: 16 Feb 2022 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48793

Actions (login required)

View Item View Item