HUBUNGAN KUALITAS RUMAH DENGAN KESEJAHTERAN KELUARGA DI KAMPUNG NEGERI BATIN KECAMATAN UMPU SEMENGUK KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG


Nailul Itsna Afifah, 3211416013 (2021) HUBUNGAN KUALITAS RUMAH DENGAN KESEJAHTERAN KELUARGA DI KAMPUNG NEGERI BATIN KECAMATAN UMPU SEMENGUK KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KUALITAS RUMAH DENGAN KESEJAHTERAN  KELUARGA DI KAMPUNG NEGERI BATIN KECAMATAN UMPU  SEMENGUK KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG] PDF (HUBUNGAN KUALITAS RUMAH DENGAN KESEJAHTERAN KELUARGA DI KAMPUNG NEGERI BATIN KECAMATAN UMPU SEMENGUK KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar rumah memiliki lantai tanah dan sanitasi yang kurang baik menunjukan bahwa kualitas rumah dan kesejahteraan keluarga Kampung Negeri Batin kurang terpenuhi. Hal ini diperparah dengan lokasi kampung yang terletak tidak jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten Way Kanan. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui kualitas rumah, persebaran kualitas rumah, kesejahteraan keluarga, dan menganalisis hubungan kualitas rumah dengan kesejahteraan keluarga Kampung Negeri Batin. Populasi dalam penelitian ini berupa keluarga yang tinggal di Kampung Negeri Batin, yaitu sebanyak 1.245 keluarga. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kampung Negeri Batin dengan sampel yang diambil sebanyak 93 responden. Variabel data yang digunakan adalah kesejahteraan keluarga sebagai variabel pertama dan kualitas rumah sebagai variabel kedua. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa GPS, angket penelitian dan alat tulis. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, angket penelitian dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ialah menggunakan metode skoring dalam menentukan kualitas rumah yang hasilnya dilakukan validitas dan reliabilitas, kemudian menggunakan metode Analisis Deskriptif dalam menentukan jenis persebaran, dan menggunakan Indikator Kesejahteraan Keluarga menurut BKKBN dalam menentukan tingkat kesejahteraan keluarga di Kampung Negeri Batin. Hasil penelitian ini menjelaskan tingkat kualitas rumah keluarga di Kampung Negeri Batin memiliki presentase sebanyak 59% rumah memiliki kualitas sedang dan 41% rumah memiliki kualitas baik. Tingkat kesejahteraan keluarga di Kampung Negeri Batin yang paling banyak ialah berada pada tingkat Sejahtera II dan Sejahtera III dengan presentase sebesar 31%, kemudian pada tingkat Sejahtera I sebanyak 21%, Pra Sejahtera terdapat 9%, dan presentase terkecil ialah di tingkat Sejahtera III+ sebesar 6%. Tipe persebaran kualitas rumah yang terdapat di Kampung Negeri Batin ialah memanjang sepanjang jalan. Selain itu, persebaran kualitas rumah juga dipengaruhi oleh jenis pekerjaan yang dilakukan oleh penduduk. Hubungan antara kualitas rumah terhadap kesejahteraan keluarga memiliki korelasi rendah, dimana jika kesejahateraan keluarga tinggi maka kualitas rumah akan meningkat atau jika kesejahteraan keluarga rendah maka kualitas akan menurun. Korelasi bernilai positif dimana terjadi hubungan positif antara kedua variabel tersebut. Saran penelitian ini pihak terkait diharapkan dapat memecahkan masalah kesejahteraan keluarga yang berada di daerah pedalaman kampung, serta masyarakat maupun organisasi intra kampung sebagai pelaku kegiatan ekonomi diharapkan dapat mengelola masyarakat seperti pemberdayaan agar masyarakat mendapatkan penghasilan selain sebagai petani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Rumah, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:40
Last Modified: 10 Feb 2022 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48760

Actions (login required)

View Item View Item