PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME MUATAN PELAJARAN IPS MODEL TEAM GAME TOURNAMENT KELAS IV SD N PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG


Dyananda Erlian Maulana, 1401416251 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME MUATAN PELAJARAN IPS MODEL TEAM GAME TOURNAMENT KELAS IV SD N PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME MUATAN PELAJARAN IPS MODEL TEAM GAME  TOURNAMENT KELAS IV SD N PURWOYOSO 04  KOTA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME MUATAN PELAJARAN IPS MODEL TEAM GAME TOURNAMENT KELAS IV SD N PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang mengkaji tentang kehidupan social, ekonomi, sejarah yang erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat sesuai empat kompetensi tujuan kurikulum 2013. Berdasarkan data pra penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada muatan IPS rendah dan belum optimal. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dan model pembelajaan yang inovatif pada muatan pelajaran IPS di kelas IVB SDN Purwoyoso 04 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, dan menguji kelayakan media pembelajaran monopoli game dengan model pembelajaran team game tournament pembelajaran IPS materi keragaman pakaian adat kelas IV B SDN Purwoyoso 04 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Prosedur penelitian ini yaitu analisis potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Game yaitu media Monopoli Game dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi dengan presentase penilaian kelayakan media yaitu 94,7% termasuk kriteria sangat layak, penilaian kelayakan materi yaitu 87,5% termasuk kriteria sangat layak, penilaian kelayakan oleh ahli praktisi yaitu 96,8% termasuk kriteria sangat layak. Simpulan dari penelitian ini adalah media monopoli game layak digunakan pada pembelajaran IPS di kelas IVB SDN Purwoyoso 04 Semarang. Saran bagi pihak sekolah yaitu sebaiknya pihak sekolah mendukung adanya penerapan media pembelajaran inovatif. Penelitian dan pengembangan media ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan media pembelajaran yang inovatif serta dapat menambah wawasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Monopoli Game; Team Game Tournament; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:29
Last Modified: 10 Feb 2022 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48758

Actions (login required)

View Item View Item