PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT PEREDARAN DAGING SAPI YANG TIDAK SESUAI PROSES STANDARISASI DI PASAR TRADISIONAL BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA


Ivan Muhammad Fakhrizy, 8111416248 (2021) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT PEREDARAN DAGING SAPI YANG TIDAK SESUAI PROSES STANDARISASI DI PASAR TRADISIONAL BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT PEREDARAN DAGING SAPI  YANG TIDAK SESUAI PROSES STANDARISASI DI PASAR  TRADISIONAL BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA] PDF (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT PEREDARAN DAGING SAPI YANG TIDAK SESUAI PROSES STANDARISASI DI PASAR TRADISIONAL BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produk pangan hewani seperti daging sapi merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung protein tinggi. Oleh karenanya golongan masyarakat tertentu mengkonsumsi daging sapi untuk memenuhi kebutuahn protein hewani. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Pengawasan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dalam aktivitas peredaran daging sapi di Pasar Tradisional Beringharjo, kota Yogyakarta dan (2) Bentuk perlindungan konsumen atas pengonsumsian daging sapi tidak sesuai proses standarisasi di Pasar Tradisional Beringharjo oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Metode yang digunakan adalah metode penelitian hukum Kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Pasar Tradisional Beringharjo Kota Yogyakarta. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1). Pengawasan yang dilakukan Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta terhadap daging sapi di pasar Beringharjo belum dilakukan secara maksimal dan terjadwal serta masih ditemukan pedagang yang menjual daging sapi yang tidak melalui proses standarisasi RPH. (2). Perlindungan konsumen yang diberikan oleh Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta berupa pembinaan dan penyuluhan terhadap masyarakat terhadap pembinaan standar ASUH daging sapi, untuk pengawasan secara represif masih belum dilakukan secara maksimal. Simpulan: (1). Pengawasan Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta dalam melindungi konsumen dari peredaran daging sapi yang tidak melalui standarisasi sudah berjalan dengan baik, tetapi masih belum sesuai dengan ketentuan Undang – Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat dan Kesejahteraan Hewan Veteriner. (2). Pemberian perlindungan konsumen oleh Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta sudah secara preventif sesuai ketentuan pasal 4 huruf (f) UUPK untuk represif masih belum sesuai dengan Pasal 30 UUPK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Daging sapi, UUPK
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:00
Last Modified: 10 Feb 2022 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48752

Actions (login required)

View Item View Item