PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GERAK TUMBUHAN


Sri Ngabekti, BIOLOGI UNNES (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GERAK TUMBUHAN. Journal of Biology Education, 6 (1). pp. 88-94. ISSN 2252-6579

[thumbnail of 5. PENGEMBANGAN   LEMBAR   KERJA   SISWA   (LKS) BERBASIS GUIDED INQUIRYUNTUK  MENINGKATKAN  HASIL  BELAJAR  SISWA  MATERI GERAK TUMBUHAN - AGUS SUWARTO.pdf] PDF
Download (320kB)

Abstract

Hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2014/2015 pada materi gerak tumbuhan belum mencapai ketuntasan klasikal. Hal ini disebabkan bahan ajar yang digunakan belum menuntun siswa untuk menemukan konsep, melainkan hanya memberi konsep. Oleh karena itu, diperlukan adanya model pembelajaran dan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep yang mengukur hasil belajar kognitif. Masalah tersebut dapat diatasi dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis guided inquiry pada materi gerak tumbuhan. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dimodifikasi. Uji coba skala kecil dilakukan menggunakan 15 siswa yang diambil dengan teknik stratified sampling, sedangkan uji coba skala besar menggunakan 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKS masuk kriteria valid. Penggunaan LKS dikatakan efektif karena hasil belajar kognitif menunjukkan 94,4% siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal. Penggunaan LKS dikatakan praktis karena respon guru mencapai 75% masuk kategori praktis, sedangkan tanggapan siswa mencapai 80,5% masuk dalam kategori sangat praktis, 16,7% masuk dalam kategori praktis, dan 2,8% masuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis guided inquiry valid, efektif dan praktis digunakan pada pembelajaran materi gerak tumbuhan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guided inquiry; learning results and LKS
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:00
Last Modified: 10 Feb 2022 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48748

Actions (login required)

View Item View Item