HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH (Studi Kasus pada Siswi SMP Negeri 27 Semarang)


Hamidah Lismiana, 6411416039 (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH (Studi Kasus pada Siswi SMP Negeri 27 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI REMAJA PUTRI  TERHADAP KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH (Studi Kasus pada Siswi SMP Negeri 27 Semarang)] PDF (HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH (Studi Kasus pada Siswi SMP Negeri 27 Semarang))
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Insidensi anemia remaja putri 2019 di SMP 27 Semarang adalah dari 399 siswa perempuan terdapat 14 (3,5%) yang mengalami anemia. Salah satu upaya pencegahan anemia adalah mengonsumsi tablet tambah darah sesuai anjuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi remaja putri dengan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 99 responden, jenis pengambilan sampel Non-probability menggunakan metode secara purposive non-random sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate dengan uji chi square (α=0,05). Hasil menunjukkan persepsi kerentanan (p=0,00), persepsi keseriusan (p=0,01), persepsi manfaat (p=0,01), persepsi hambatan (p=0,01), persepsi keyakinan diri (p=0,023) berhubungan terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah remaja putri. Serta tidak terdapat hubungan antara pengetahuan (p= 0,93) terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah. Perlunya pemberian penyuluhan tentang anemia dan tablet tambah darah dengan kerangka yang jelas sehingga mampu memotivasi remaja putri untuk mengonsumsi tablet tambah darah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi, remaja putri, anemia, tablet tambah darah
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:30
Last Modified: 10 Feb 2022 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48744

Actions (login required)

View Item View Item