HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN POWER TUNGKAI DENGAN KETEPATAN SERVIS ATAS SEPAKTAKRAW PADA ATLET PUTRA PPOPD KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020


DEVI LUTFIANA, 6301416033 (2021) HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN POWER TUNGKAI DENGAN KETEPATAN SERVIS ATAS SEPAKTAKRAW PADA ATLET PUTRA PPOPD KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN POWER TUNGKAI  DENGAN KETEPATAN SERVIS ATAS SEPAKTAKRAW PADA ATLET PUTRA PPOPD KABUPATEN  JEPARA TAHUN 2020] PDF (HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN POWER TUNGKAI DENGAN KETEPATAN SERVIS ATAS SEPAKTAKRAW PADA ATLET PUTRA PPOPD KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang ada di lapangan, bahwa masih banyak kelemahan pada pemain saat melakukan servis atas. Untuk menghasilkan serangan pertama yang keras dibutuhkan servis atas yang baik. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada hubungan panjang tungkai dan power tungkai dengan ketepatan servis atas sepaktakraw. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan panjang tungkai dan power tungkai dengan ketepatan servis atas sepaktakraw. Penelitian menggunakan metode korelasional. Desain penelitian menggunakan korelasi berganda. Populasi dan sampel penelitian atlet PPOPD Sepaktakraw berjumlah 10 atlet dengan total sampling. Variabel penelitian meliputi panjang tungkai dan power tungkai sebagai variabel bebas, serta ketepatan servis atas sepaktakraw sebagai variabel terikat. Instrumen tes menggunakan tes servis atas sepaktakraw. Analisis data menggunakan statistik regresi. Hasil penelitian; 1) ada hubungan panjang tungkai dengan ketepatan servis atas sepaktakraw dengan koefisien korelasi 0.74. 2) ada hubungan power tungkai dengan ketepatan servis atas sepaktakraw dengan dengan koefisien korelasi 0.97. 3) ada hubungan antara panjang tungkai dan power tungkai dengan ketepatan servis atas sepaktakraw dengan koefisien korelasi 0.98. Simpulan penelitian bahwa ada hubungan dengan tingkatan tinggi antara panjang tungkai dengan kemampuan servis atas, dan hubungan yang sangat tinggi antara power tungkai dan panjang tungkai dengan kemampuan servis atas sepaktakraw.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Panjang Tungkai, Power Tungkai, Servis Atas, Sepaktakraw
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:23
Last Modified: 10 Feb 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48743

Actions (login required)

View Item View Item