KEEFEKTIFAN MODEL WORD SQUARE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN TANJUNGHARJA 03 KABUPATEN TEGAL


Elok Mei Wijayanti, 1401415428 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL WORD SQUARE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN TANJUNGHARJA 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL WORD SQUARE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN TANJUNGHARJA 03  KABUPATEN TEGAL] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL WORD SQUARE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN TANJUNGHARJA 03 KABUPATEN TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran IPS yaitu guru kurang inovatif dalam mengemas pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran IPS. Hal tersebut dapat berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran IPS, salah satunya menerapkan model pembelajaran Word Square. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penerapan model Word Square ditinjau dari minat dan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi uang dan pengelolaan uang di kelas III SDN Tanjungharja 03 Kabupaten Tegal.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Quasi Experimental dalam bentuk nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Tanjungharja 03 tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 39 siswa yang terdiri dari 19 siswa di kelas IIIA dan 20 siswa di kelas IIIB. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dan uji keefektifan. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples T Test, menunjukkan thitung > ttabel (2,344 > 2,026) dan nilai signifikansi 0,025 < 0,05 sehingga H01 ditolak. Data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,569 > 2,026) dan nilai signifikansi 0,014 < 0,05 sehingga H01 ditolak. Berdasarkan hasil uji hipotesis keefektifan minat belajar menggunakan One Sample T Test, menunjukkan thitung > ttabel (2,125 > 2,100) dan nilai signifikansi 0,048 < 0,05. Sedangkan data hasil belajar menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,234 > 2,100) dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Word Square efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar IPS materi uang dan pengelolaan uang pada siswa kelas III. Saran peneliti bagi guru yaitu diharapkan guru dapat menerapkan model Word Square dalam pembelajaran IPS materi uang dan pengelolaan uang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, hasil belajar, model word square
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:26
Last Modified: 10 Feb 2022 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48730

Actions (login required)

View Item View Item