VARIASI LEKSIKON BAHASA JAWA DI KABUPATEN KARANGANYAR (Kajian Sosiodialektologi)


Aditya Purbaningsih, 2511415024 (2021) VARIASI LEKSIKON BAHASA JAWA DI KABUPATEN KARANGANYAR (Kajian Sosiodialektologi). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of VARIASI LEKSIKON BAHASA JAWA DI KABUPATEN  KARANGANYAR (Kajian Sosiodialektologi)] PDF (VARIASI LEKSIKON BAHASA JAWA DI KABUPATEN KARANGANYAR (Kajian Sosiodialektologi))
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan aplikasi dari sosiodialektologi yang mana merupakan kajian dialektologi dari aspek leksikon. Penelitian ini berfokus kepada variasi penggunaan bahasa Jawa di Kabupaten Karanganyar.Penelitian ini mengambil tiga titik pengamatan (TP) yaitu, kecamatan jenawi, kecamatan karanganyar, dan kecamatan Godangrejo. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan variasi leksikon bahasa Jawa di Kabupaten Karanganyar ditinjau dari parameter mata pencaharian, tingkat pendidikan dan usia. Pendekatan yang digunakan penelitian ini diskriptif kualitatif dan pendekatan sosiodialektologi. Data penelitian ini bersumber dari informan Kabupaten Karanganyar yang menyesuaikan latarbelakang sosial penuturnya. Metode pengumpulan data dengan metode simak dan cakap.Metode simak menggunakan tiga teknik yaitu sadap, rekam, dan catat. Analisis data penelitian ini menggunakan metode padan dan agih.Instrumen penelitian berupa 500 daftar pertanyaan yang disusun berdasarkan susunan maknawiyah, yaitu 10 medan makna. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik yang dikembangkan oleh Sudaryanto, yaitu teknik dasar pilah penentu dan teknik lanjutan. Teknik lanjutan terdiri atas (1) teknik hubung banding menyamakan, (2) teknik hubung banding memperbedakan, dan (3) teknik hubung banding menyamakan hal pokok. Hasil analisis bahasa yang dipakai di daerah penelitian memiliki fonem vokal dan fonem konsonan. Fonem vokal di daerah penelitian adalah: /i/, /u/, /o/, /ɔ/, /a/, /ə/, /dan /e/. Selain itu terdapat juga /I/,/U/,/ɔ/,/ɛ/ yang masingmasing merupakan alofon dari /i/, /u/, /o/, /dan /e/. Selain fonem vokal /ə/ dan /a/ fonem-vonem vokal di daerah penelitian dapat berdistribusi pada semua posisi, yaitu awal, tengah dan akhir. Fonem vokal /ə/ hanya dapat berdistribusi pada posisi awal dan tengah. Adapun fonem konsonan yang terdapat pada daerah penelitian adalah /p/, /b/, /g/, /d/, /t/, /ɖ/, /ṭ/, /c/, /k/, /h/, /n/, /-/, /r/, /w/, /y/, /j/, /m/, /s/, /ŋ /, /ɲ/, dan /ʔ/. Ditemukan variasi leksikon pada sepuluh medan yaitu aktivitas (25 gloss); alat-alat rumah tangga (7 gloss); bagia rumah (3 gloss); bagian tubuh (5 gloss); binatang (3 gloss); perangai (3 gloss); acuan (2 gloss); istilah kekrabatan (1 gloss); petunjuk dan arah (2 gloss), tumbuhan dan hasilnya (7 gloss) total temuan ada 63 variasi leksikon. Ditemukannya gejala onomasiologis, semasiologis, protesis, dan metatesis. Ditemukan interfensi dari bahasa Jawa ngoko ke dalam bahasa Indonesia Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan bisa menambah dan memberikan refrensi bagi peneliti selanjutnya, khususnya dalam bidang dialektologi. Serta dapat digunakan sebagai acuan memperluas kajian selanjutnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sosiodialektologi, variasi bahasa jawa kabupaten karanganyar, leksikon
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:13
Last Modified: 09 Feb 2022 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48727

Actions (login required)

View Item View Item