PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WEB LEARNINGAPPS.ORG UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SMA KELAS XI


Lailatul Meitasari, 2301414024 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WEB LEARNINGAPPS.ORG UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WEB LEARNINGAPPS.ORG UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SMA KELAS XI] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WEB LEARNINGAPPS.ORG UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SMA KELAS XI)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi sekarang ini, menuntut para pengajar untuk dapat memanfaatkan secara maksimal teknologi yang berkembang guna meningkatkan hasil belajar siswa. Selain pengajar, pembelajar juga dituntut untuk dapat belajar secara mendiri dan berperan aktif untuk memperoleh materi maupun mengasah kemampuan diri sendiri. Menyikapi hal tersebut, guru harus mengembangkan berbagai metode variatif supaya siswa meningkatkan ketertarikannya pada pelajaran dan dapat mencapai kemampuan yang diharapkan.Untuk mencapai hal tersebut, guru dapat menggunakan metode pembelajaran baru dan berbagai latihan. Salah satu perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh pengajar adalah model pembelajaran jarak jauh melalui piranti-piranti teknologi yang dapat mengatasi keterbatasan waktu dan ruang dalam proses pembelajaran. Berbagai server online juga bermunculan untuk mendukung metode pembelajaran tersebut seperti learningapps.org. Aplikasi web tersebut menyediakan berbagai latihan yang dapat dibuat pengajar dengan mudah dan dapat melatih pembelajar untuk mengasah kemampuannya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini peneliti akan mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan situs web learningapss.org untuk melatih keterampilan mendengarkan bahasa Prancis siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan R&D dengan mengadopsi tujuh langkah penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, membuat desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa media online untuk melatih keterampilan mendengarkan siswa kelas XI dengan menggunakan aplikasi web learningapps.org yang berisi soal latihan bahasa Prancis yang disesuaikan dengan silabus terkini dengan mengambil 5 kompetensi dasar. Media ini berisi soal-soal latihan bahasa Prancis yang dikelompokkan berdasarkan kompetensi dasar pada semester pertama yaitu mengenai demander et donner des opinions, dispnibilté et volonté, donner des instructions, féliciter quelqu‟un dan se situer dans l‟espace. Pada masing-masing tema terdapat 3-5 dokumen audio/video, petunjuk pengerjaan, kalimat perintah dan soal latihan. Bentuk soal yang digunakan yaitu pilihan ganda, benar/salah, menjodohkan, mengisi kalimat rumpang dan isian singkat. Terdapat feedback jika semua pengerjaan soal terjawab dengan benar. Produk ini telah divalidasi oleh dosen ahli dan direvisi sesuai saran ahli

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran online, keterampilan mendengarkan, learningapps.org
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:04
Last Modified: 09 Feb 2022 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48726

Actions (login required)

View Item View Item