PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI DIAMETER MAIN JET TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR VARIO 110 CC TAHUN 2010


Anton widodo, 5202413039 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI DIAMETER MAIN JET TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR VARIO 110 CC TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI DIAMETER MAIN JET TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR VARIO 110 CC TAHUN 2010] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI DIAMETER MAIN JET TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR VARIO 110 CC TAHUN 2010)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variasi ukuran diameter main jet terhadap performa dan konsumsi bahan bakar mesin Honda Vario 110 cc Tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Pengujian dilakukan sebanyak tiga kali pada setiap putaran mesin. Hasil pengujian yang sudah dilakukan kemudian dihitung rata-rata dari setiap variasi putaran mesin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui terdapat pengaruh performa dan konsumsi bahan bakar yang signifikan pada setiap variasi pengujian. Torsi tertinggi didapat pada rpm 2500 dengan hasil 19,6 N.m menggunakan main jet Ø 1.15 mm dengan selisih 1,97 N.m atau naik 11,4 % dibandingkan dengan menggunakan ukuran diameter main jet standar (Ø 1.10 mm). Rata-rata torsi naik pada setiap variasi ukuran diameternya adalah 12,45 % dengan selisih 1,24 N.m dibandingkan menggunakan ukuran diameter main jet standar (Ø 1.10 mm). Daya tertinggi didapat pada 3500 rpm dengan hasil 5,59 kW menggunakan ukuran main jet Ø 1,15 mm, naik 13,61% atau naik 0,67 kW dibandingkan menggunakan ukuran diameter main jet standar (Ø 1,10 mm). Rata-rata daya naik sebesar 11,44% dibandingkan dengan menggunakan ukuran diameter main jet standar (Ø 1,10 mm) atau naik sebesar 0,50 kW. Rata-rata konsumsi bahan bakar tertinggi diperoleh pada mesin yang menggunakan ukuran diameter main jet yang lebih besar, jika dibandingkan dengan karburator menggunakan ukuran diameter main jet standar (Ø 1.10 mm). Rata-rata kenaikan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan adalah 10 %, atau selisih 0,01 kg/kWh dibandingkan dengan ukuran diameter main jet standar. Pada puncaknya konsumsinya meningkat 10,5 % pada 8500 rpm dengan menggunakan diameter main jet (Ø 1.10 mm) atau naik sebesar 0,02 kg/kWh dibandingkan menggunakan ukuran diameter main jet standar pada putaran mesin yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Main Jet, Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:12
Last Modified: 09 Feb 2022 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48719

Actions (login required)

View Item View Item