PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERORIENTASI NILAI-NILAI ALQURAN PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA


Nita Pujiasih, 4301416072 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERORIENTASI NILAI-NILAI ALQURAN PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERORIENTASI  NILAI-NILAI ALQURAN PADA MATERI HUKUM DASAR  KIMIA] PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERORIENTASI NILAI-NILAI ALQURAN PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Konsep pembelajaran kimia dapat dibangun dengan media belajar yang menunjang peserta didik untuk memahami materi kimia. Hal tersebut dapat dilakukan dengan merepresentasikan materi kimia ke dalam tiga level representasi yaitu makroskopis, mikroskopis, dan simbolik melalui media pembelajaran. Tiga level representasi kimia dapat diterapkan pada materi kimia berupa penggabungan konsep dan perhitungan matematika yang diaplikasikan dalam materi hukum dasar kimia. Materi hukum dasar kimia mempelajari fenomena alam semesta yang setiap peristiwa dan hukum-hukumnya tertuang dalam ayat-ayat Alquran. Representasi materi hukum dasar kimia dengan menghubungkan orientasi nilai�nilai Alquran dapat menambah wawasan peserta didik untuk memahami peristiwa kimia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefekifan, kepraktisan, dan kevalidan dari media pembelajaran kimia yang dikembangkan peneliti berupa lembar kerja peserta didik berbasis multipel representasi berorientasi nilai-nilai Alquran pada materi hukum dasar kimia. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadopsi pada model 4-D (Four D) yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Berdasarkan hasil penelitian, produk lembar kerja peserta didik berbasis multipel representasi berorientasi nilai-nilai Alquran diperoleh nilai persentase keefektifan sebesar 58,82%, persentase kepraktisan sebesar 90,345%, serta persentase kevalidan materi sebesar 93,06% dan persentase kevalidan media sebesar 90,98% dengan kriteria cukup baik pada aspek penilaian afektif dan psikomotorik dengan nilai rata-rata 2,15686275. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis multipel representasi berorientasi nilai�nilai Alquran pada materi hukum dasar kimia cukup efektif, sangat praktis, dan sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hukum Dasar Kimia, LKPD, Multipel representasi, Nilai-Nilai Alquran, Pengembangan
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:01
Last Modified: 09 Feb 2022 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48718

Actions (login required)

View Item View Item