PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA PERMAINAN EDUKATIF TIRAN PADA MUATAN SBdP UNTUK SISWA KELAS 1 SDN KALISEGORO SEMARANG


Tri Hidayati Ningrum, 1401416487 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA PERMAINAN EDUKATIF TIRAN PADA MUATAN SBdP UNTUK SISWA KELAS 1 SDN KALISEGORO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA PERMAINAN EDUKATIF TIRAN PADA MUATAN SBdP UNTUK SISWA KELAS 1 SDN KALISEGORO SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA PERMAINAN EDUKATIF TIRAN PADA MUATAN SBdP UNTUK SISWA KELAS 1 SDN KALISEGORO SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di kelas I SDN Kalisegoro Semarang melalui wawncara, observasi dan dokumentasi terdapat permasalahan terkait media pembelajaran yang terbatas pada pembelajaran seni tari muatan SBdP sehingga menyebabkan siswa kurang antusias saat pembelajaran berlangsung dan motivasi belajar siswa kurang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa permainan edukatif TIRAN pada pembelajaran seni tari muatan SBdP yang bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran; dan (2) mengetahui hasil kelayakan media. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Sugiyono meliputi langkah: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; dan (6) produk akhir. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 SDN Kalisegoro Semarang berjumlah 28 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data mencakup analisis data produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berupa permainan edukatif TIRAN dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa; (2) media tergolong sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian media dari ahli media dengan presentase 96,42% kategori sangat layak dan presentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 96,25% kategori sangat layak. Selain itu media pembelajaran berupa permainan edukatif TIRAN mendapat penilaian dari tanggapan guru presentase sebesar 95% kategorikan sangat layak. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran berupa permainan edukatif TIRAN sangat layak digunakan dalam pembelajaran seni tari muatan SBdP materi menirukan gerak hewan untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media yang lebih baik dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media; permainan edukatif; TIRAN, SBdP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:05
Last Modified: 01 Nov 2022 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48716

Actions (login required)

View Item View Item