PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERBANTUAN CD DIGETAR (DINAMIKA GERAK TARI) PADA MUATAN SBdP SISWA KELAS III SD NEGERI BARUSARI 02 SEMARANG


Isfi Yusfiah Kurniawati, 1401416356 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERBANTUAN CD DIGETAR (DINAMIKA GERAK TARI) PADA MUATAN SBdP SISWA KELAS III SD NEGERI BARUSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERBANTUAN  CD DIGETAR (DINAMIKA GERAK TARI) PADA  MUATAN SBdP SISWA KELAS III SD NEGERI  BARUSARI 02 SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERBANTUAN CD DIGETAR (DINAMIKA GERAK TARI) PADA MUATAN SBdP SISWA KELAS III SD NEGERI BARUSARI 02 SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Isfi Yusfiah Kurniawati. 2021. Pengembangan Buku Pnaduan berbantuan CD Digetar Pada Muatan SBdP Siswa Kelas III SD Negeri Barusari 02 Semarang. Skripsi. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Deasylina da Ary, S. Pd., M. Sn. Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa muatan SBdP di kelas III SD Negeri Barusari 02 Semarang belum dilaksanakan secara optimal. Hal ini dikarenakan belum adanya inovasi media pembelajaran yang guru gunakan dalam menyampaikan materi, guru hanya menggunakan buku guru dan buku siswa. Hal tersebut berdampak pada kurangnya maksimalnya hasil belajar psikomotorik siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa buku anduan berbantuan CD Digetar (Dinamika Gerak Tari) pada muatan SBdP yang bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran; (2) mengetahui hasil kelayakan media. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang diterjemahkan oleh Sugiyono meliputi langkah: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) produk akhir. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri Barusari 02 Semarang berjumlah 33 siswa dengan tekni sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data mencakup analisis data produk dengan menggunakan uji deskripif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berupa buku panduan berbantuan CD Digetar berdasarkan kebutuan guru dan siswa; (2) media tergolong sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian media sebesar yaitu dari ahli media memperoleh presentase sebesar 98,43%, serta presentase ahli materi sebesar 91,25%. Selain itu media pembelajaran buku panduan berbantuan CD Digetar tergolong sangat layak berdasarkan tanggapan guru dengan presentase sebesar 97%. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran buku panduan berbantuan CD Digetar layak dgunakan dalam muatan SBdP materi dinamika gerak tari siswa kelas III Sekolah Dasar. Pada Penelitian Selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media yang lebih baik dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan diminati oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media; buku panduan, CD Digetar, SBdP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:06
Last Modified: 01 Nov 2022 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48713

Actions (login required)

View Item View Item