EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUNSERUNI JALAR (WEDELIA TRILOBATA) DALAM BENTUK GRANUL SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK AEDES AEGYPTI


Rofiqoh Ratna Cahyaningtyas, 6411413014 (2020) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUNSERUNI JALAR (WEDELIA TRILOBATA) DALAM BENTUK GRANUL SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK AEDES AEGYPTI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUNSERUNI JALAR (WEDELIA TRILOBATA) DALAM BENTUK GRANUL SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK AEDES AEGYPTI] PDF (EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUNSERUNI JALAR (WEDELIA TRILOBATA) DALAM BENTUK GRANUL SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK AEDES AEGYPTI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengendalian penyakit DBD bergantung pada pengendalian larva Aedes aegypti. Penggunaan insektisida nabati perlu dikembangkan untuk mengurangi dampak negatif insektisida kimia. Tanaman seruni jalar (Wedelia trilobata) tumbuh subur dan banyak ditemukan di tanah kosong, ladang, dan persawahan.Seruni jalar merupakan tanaman yang mengandung zat seperti tannin, glikosida jantung, flavonoids, terpenoid, fenol, saponin dan kumarin yang berfungsi sebagai insektisida.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek larvasida ekstrak Daun Seruni Jalar (Wedelia Trilobata) dalam bentuk granul terhadap larva nyamuk Aedes aegypti. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan rancangan penelitian post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh larva Aedes Aegypti instar III yang dikembangbiakkan. Sampel berjumlah 600 ekor larva. Analisis data yang dilakukan secara univariat dan bivariatmenggunakan program SPSS. Hasil menunjukkan terdapat hubungan antara ekstrak Daun Seruni Jalar dalam bentuk granul dengan kematian larva (p=0,001). Nilai LC50ekstrak Daun Seruni Jalar dalam bentuk granul adalah 332,986 mg dan LC90 adalah 955,258 mg. LT50 pada 412 mg adalah 27,998, sedangkan LT90 adalah 50,814. Berdasarkan uji toksisitas akut ekstrak Daun Seruni Jalar dalam bentuk granul memiliki efek larvasida terhadap nyamuk Aedes Aegypti, namun tidak efektif sebagai larvasida.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daun Seruni Jalar, Granul, Larvasida nabati, Larva nyamuk Aedes Aegypti
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:58
Last Modified: 04 Feb 2022 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48681

Actions (login required)

View Item View Item