PEMBINAAN PRESTASI INDUK ORGANISASI CABANG OLAHRAGA CATUR KOTA SEMARANG TAHUN 2020


Ardan Ardianto, 6101416107 (2021) PEMBINAAN PRESTASI INDUK ORGANISASI CABANG OLAHRAGA CATUR KOTA SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI INDUK ORGANISASI  CABANG OLAHRAGA CATUR KOTA SEMARANG TAHUN 2020] PDF (PEMBINAAN PRESTASI INDUK ORGANISASI CABANG OLAHRAGA CATUR KOTA SEMARANG TAHUN 2020)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PERCASI Kota Semarang adalah sebuah organisasi resmi olahraga catur yang berada di Kota Semarang.PERCASI Kota Semarang memiliki banyak prestasi di tingkat regional maupun internasional.PERCASI Kota Semarang telah menghasilkan pecatur- pecatur yang luar biasa bahkan sampai berlaga dan menjuarai di turnamen tingkat internasional.Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan prestasi olahraga catur pada PERCASI Kota Semarang Tahun 2020.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan prestasi olahraga catur di PERCASI KotaSemarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet.Pemeriksaan keabsahan menggunakan teknik triangulasi data.Analisis data dilakukan secara terus sampai tuntas.Aktivitas analisis data meliputi pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan pembinaan prestasi di PERCASI Kota Semarang sudah baik. Pemassalan dilakukan dengan cara memantau turnamen dan bekerjasama dengan perangkat pemerintah maupun dinas pendidikan. Pembibitan dilakukan dengan tiga metode yaitu mendatangkan pelatih pribadi, mengikuti klub pembinaan khusus atau klub umum yang ada di Kota Semarang dan belajar sendiri dengan buku catur ataupun komputer.Sumber daya manusia PERCASI Kota Semarang masuk dalam kriteria baik, sebagian pelatih memiliki lisensi, atlet memiliki semangat juang tinggi dan prestasi tingkat internasional, dan kepengurusan sudah berjalan sesuai dengan tugasnya.Program latihan di PERCASI Kota Semarang masuk dalam kriteria cukup, dimana program latihan belum semuanya terstruktur.Sarana dan prasarana PERCASI Kota Semarang sudah baik, cuman terdapat kurangnya untuk tempat latihan terpusat.Serta pendanaan PERCASI Kota Semarang sudah baik, PERCASI Kota Semarang mendapatkan dari dari KONI KotaSemarang. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembinaan prestasi olahraga catur di PERCASI Kota Semarang sudah baik dalam hal ini dapat dilihat dari aspek pemassalan, pembibitan, prestasi, pembinaan, sumber daya manusia, program latihan, sarana dan prasarana serta pendanaan. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu mengadakan pelatihan untuk pelatih, membuat pusat data untuk pelatih, mencari sponsor dari pihak lain dan merealisasikan membuat gedung tempat latihan terpusat PERCASI KotaSemarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PERCASI Kota Semarang, Catur, Pembinaan, Prestasi.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:17
Last Modified: 03 Feb 2022 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48675

Actions (login required)

View Item View Item