PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT BERKARIER MENJADI AKUNTAN PENDIDIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2017 UNNES


Iksan Nurfiasih, 7101416243 (2021) PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT BERKARIER MENJADI AKUNTAN PENDIDIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2017 UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL,  LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERTIMBANGAN  PASAR KERJA TERHADAP MINAT BERKARIER  MENJADI AKUNTAN PENDIDIK PADA MAHASISWA  PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2017 UNNES] PDF (PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT BERKARIER MENJADI AKUNTAN PENDIDIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2017 UNNES)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Karier suatu pekerjaan yang dilakukan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Minat mahasiswa pendidikan akuntansi dalam berkarier apabila dilandasi rasa suka dan sesuai dengan kemampuan akan menghasilkan hasil yang maksimal khususnya dalam berkarier menjadi akuntan pendidik. Sebagai mahasiswa pendidikan akuntansi harus bisa menyiapkan bekal ilmu-ilmu yang akan dijadikan bahan untuk menjadi seorang akuntan pendidik nantinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penghargaan finansial, lingkungan keluarga, dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat berkarier mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi menjadi akuntan pendidik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer yang diperoleh dengan kuisioner. Populasi penelitian adalah 91 mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 yang seluruhnya dijadikan responden/unit analisis. Data dianalisis secara deskriptif dan regresi berganda. Analisis deskriptif menunjukan bahwa minat berkarier menjadi akuntan pendidik dalam kategori tinggi, penghargaan finansial dalam kategori rendah, lingkungan keluarga dalam kategori cukup baik, dan pertimbangan pasar kerja dalam kategori tinggi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara parsial penghargaan finansial (0,50%), lingkungan keluarga (5,4%), dan pertimbangan pasar kerja (31,5%) berpengaruh pada minat berkarier menjadi akuntan pendidik. Secara simultan menunjukan bahwa pengaruh dari variabel penghargaan finansial, lingkungan keluarga, dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat berkarier menjadi akuntan pendidik/guru yaitu sebesar 0,675 atau 67,5%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 32,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan penelitian menunjukan bahwa lingkungan keluarga dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh terhadap minat berkarier menjadi akuntan pendidik. Sedangkan penghargaan finansial tidak berpengaruh terhadap minat berkarier menjadi akuntan pendidik. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi dalam memilih karier menjadi akuntan pendidik perlu menggali informasi tentang pasar kerja di media social aeperti internet karena pertimbangan pasar kerja memiliki pengaruh lebih besar dari faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penghargaan Finansial, Lingkungan Keluarga, Pertimbangan Pasar Kerja, dan Minat Berkarier Akuntan Pendidik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:01
Last Modified: 03 Feb 2022 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48673

Actions (login required)

View Item View Item