ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN FUNGSI REL KERETA API OLEH PEDAGANG PASAR GANEFO MRANGGEN KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH


Idhar Dhani, 8111414352 (2020) ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN FUNGSI REL KERETA API OLEH PEDAGANG PASAR GANEFO MRANGGEN KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN FUNGSI REL KERETA API OLEH PEDAGANG PASAR GANEFO MRANGGEN KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH] PDF (ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN FUNGSI REL KERETA API OLEH PEDAGANG PASAR GANEFO MRANGGEN KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pasar Ganefo adalah pasar pada wilayah Mranggen di Kabupaten Demak Jawa Tengah. Pasar Ganefo Pasar menjual berbagai jenis kebutuhan pokok, mulai dari beras, sayur mayur, hingga lauk pauk. Pasar ini buka pada pagi dini hari yakni jam 00.02 dini hari sampai jam 00.07 pagi. Di pasar Ganefo terdapat peristiwa yang unik, pasalnya sebagian pedagang ada yang berjualan diatas rel kereta api yang jalurnya aktif atau dapat dilewati Kereta Api. Pedagang-pedagang tersebut sengaja memilih berjualan di depan pasar, dengan menggunakan jalur rel kereta, karena dianggap lebih dekat dengan calon konsumen atau calon pembeli. Peristiwa ini adalah salah satu contoh dari fenomena informal di kota-kota besar, yang mana umum terjadi. Akan tetapi karena pedagang-pedagang yang memakai rel kereta api untuk berjualan tersebut melanggar suatu peraturan, yaitu melanggar Undang Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, maka fenomena ini menarik jika penulis analisis dari perspektif ilmu tentang kejahatan (ilmu kriminologi). Penelitian ini mengkaji apakah yang menjadi faktor pedagang pasar Ganefo tersebut memilih untuk berjualan di atas rel kereta api, lalu bagaimana perspektif kriminologi dari kegiatan atau perilaku pedagang tersebut. Penelitian ini juga akan menguraikan apa dampak pada masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kejahatan, Kriminologi, Viktimologi, Pasar, Pedagang.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:38
Last Modified: 27 Jan 2022 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48665

Actions (login required)

View Item View Item