PLAGIARISME KARYA ILMIAH DALAM PERSPEKTIF HAK CIPTA (TINJAUAN TERHADAP KARYA ILMIAH SKRIPSI)


KEZIA DAMANIK, 8111417139 (2021) PLAGIARISME KARYA ILMIAH DALAM PERSPEKTIF HAK CIPTA (TINJAUAN TERHADAP KARYA ILMIAH SKRIPSI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PLAGIARISME KARYA ILMIAH DALAM PERSPEKTIF HAK CIPTA (TINJAUAN TERHADAP KARYA ILMIAH SKRIPSI)] PDF (PLAGIARISME KARYA ILMIAH DALAM PERSPEKTIF HAK CIPTA (TINJAUAN TERHADAP KARYA ILMIAH SKRIPSI))
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa dari sebuah penelitian atas dasar analisa data primer dan atau data sekunder. Salah satu bentuk pelanggaran dalam penulisan karya tulis ilmiah skripsi yaitu plagiarisme. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tidak secara spesifik mengatur tentang bagaimana bentuk perlindungan terhadap karya ilmiah skripsi. Berdasarkan hal diatas rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap penulisan karya ilmiah dari tindakan plagiarisme berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No.28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta? (2) Bagaimana implementasi dari Undang-Undang Republik Indonesia No.28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta terkait plagiarisme dalam karya ilmiah ? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) karya ilmiah skripsi merupakan objek dari hak cipta berdasarkan pasal 40 ayat (1) Undang-Undang Hak Cipta, sehingga karya ilmiah skripsi dilindungi oleh hak cipta dari segi hak moral. (2) implementasi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta terkait plagiarisme karya ilmiah skripsi masih belum terlaksana dengan maksimal karena tidak ada nya pengaturan secara tegas dalam Undang-Undang Hak Cipta tentang pelanggaran dalam penulisan karya ilmiah skripsi. Upaya Universitas sebagai Perguruan Tinggi dalam memberikan sanksi administrasi bagi pelaku plagiarisme merupakan suatu upaya pencegahan agar tingkat plagiarisme di lingkungan kampus dapat diturunkan. Simpulan dalam penelitian ini adalah : (1) Karya ilmiah skripsi merupakan objek dari hak cipta, sehingga karya ilmiah skripsi dilindungi oleh hak cipta dari segi hak moral. Maka dari itu, penulisan skripsi telah mendapatkan perlindungan hukum namun belum sempurna dari Undang-Undang Hak Cipta. (2) Undang-Undang Hak Cipta tidak terimplementasi dengan maksimal yang kemudian menimbulkan urgensi untuk membentuk pengaturan secara tegas mengenai plagiarisme karya ilmiah skripsi, khususnya mengenai konsep plagiarisme dan konteks substansi yang termasuk ke dalam persentase yang dikategorikan sebagai tindakan plagiarisme hasil karya ilmiah. Saran yang penulis berikan adalah agar pemerintah membuat aturan hukum secara pecegahan dan sanksi plagairisme skripsi jelas instrumennya, dan juga mahasiswa agar lebih mau memahami tentang integritas dan etika ilmiah untuk mencegah plagiarisme karya ilmiah skripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelanggaran Hak Cipta; Plagiarisme ; Karya Ilmiah Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:13
Last Modified: 27 Jan 2022 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48646

Actions (login required)

View Item View Item