PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KETIDAKSESUAIAN LAYANAN POS EXPRESS BERDASARKAN DRAFT STRATEGIC BUSINESS UNIT KANTOR POS SEMARANG (Studi Kantor Pos Semarang)


ANNISA ANDRIYANI PUSPITASARI, 8111417041 (2021) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KETIDAKSESUAIAN LAYANAN POS EXPRESS BERDASARKAN DRAFT STRATEGIC BUSINESS UNIT KANTOR POS SEMARANG (Studi Kantor Pos Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KETIDAKSESUAIAN LAYANAN POS EXPRESS BERDASARKAN DRAFT STRATEGIC BUSINESS UNIT KANTOR POS SEMARANG (Studi Kantor Pos Semarang)] PDF (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KETIDAKSESUAIAN LAYANAN POS EXPRESS BERDASARKAN DRAFT STRATEGIC BUSINESS UNIT KANTOR POS SEMARANG (Studi Kantor Pos Semarang))
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kewajiban untuk memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan mutu standar yang telah ditetapkan merupakan salah satu upaya untuk melindungi konsumennya. Faktanya dilapangan tidak seperti itu. Konsumen yang menggunakan layanan pos exspres smasih ada yang mengalami kerugian baik dari sigi waktu pengiriman atau dari segi kondisi barang yang dikirim. Jasa pelayanan dan pengiriman barang khususnya pada PT.Pos Indonesia pihak penyedia jasa dan konsumen berhubungan secara langsung, dan otomatis konsumen secara langsung pula mendapatkan kepastian jasa yang mereka dapatkan ini sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana perlindungan bagi konsumen terhadap ketidasesuaian layanan pos exspress berdasarkan Draft SBU Kantor Pos Semarang? 2. Bagaimana bentuk tanggungjawab yang diberikan oleh PT.Pos Indonesia terhadap ketidaksesuaian layanan pos exspress?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis-empiris.Pendekatan penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan informan diantaranya Kantor Pos Semarang, Sentral Pengolahan Pos dan Konsumen Pengguna Layana Pos Exspress.Sumber data sekunder diperoleh dari kepustakaan yang berupa, buku, jurnal, dan karya ilmiah. Hasil penelitian ini bahwa (1). Ketidaksesuaian layanan pos exspress yang mencakuop keterlambatan barang, kerusakan barang dan kehilangan barang disebabkan oleh beberapa faktor baik dari faktor internal dan faktor eksternal. Informasi dalam resi layanan menyebabkan kurangnya informasi yang didapatkan konsumen mengenai layanan yang digunakan yaitu layanan pos exspress. (2). Hak konsumen yang mengalami kerusakan, keterlambatan dan kehilangan barang kiriman sudah diatur dalam Pasal 43 Draft SBU Kantor Pos Cabang Semarang yaitu terkait Hak Terhadap Tuntutan Ganti Rugi, namun dalam praktiknya belum sepenuhnya memberikan perlindungan hukum bagi konsumen terhadap barang kiriman. Simpulan dari hasil penelitian ini (1).Adanya informasi yang jelas bagi konsumen dalam resi layanan sangat diperlukan. (2). Pertanggungjawaban dari kantor pos semarang sudah sesuai namun dalam pelaksanaannya belum maksimal. Saran peneliti untuk Kantor Pos Semarang lebih meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat agar tidak lagi terjadi kesalahpahaman antara konsumen dan Kantor Pos Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsumen, Layanan Pos Exspress, Pertanggungjawaban.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:48
Last Modified: 27 Jan 2022 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48641

Actions (login required)

View Item View Item