PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA HUTAN DALAM PENGELOLAAN HUTAN DI KAWASAN BASECAMP PENDAKIAN GUNUNG ANDONG KABUPATEN MAGELANG


REYNANTA DWISATYA HANDAYA, 8111416282 (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA HUTAN DALAM PENGELOLAAN HUTAN DI KAWASAN BASECAMP PENDAKIAN GUNUNG ANDONG KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA HUTAN  DALAM PENGELOLAAN HUTAN DI KAWASAN  BASECAMP PENDAKIAN GUNUNG ANDONG KABUPATEN MAGELANG] PDF (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA HUTAN DALAM PENGELOLAAN HUTAN DI KAWASAN BASECAMP PENDAKIAN GUNUNG ANDONG KABUPATEN MAGELANG)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa hutan dalam pengelolaan hutan masuk di dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan agar penyelenggaraan kehutanan berasaskan manfaat dan lestari, dimaksudkan agar tiap pelaksanaan penyelenggaraan kehutanan memperhatikan keseimbangan dan kelestarian unsur lingkungan, sosial dan budaya, serta ekonomi. Penyelenggaraan kehutanan juga berasaskan kerakyatan dan keadilan, dimaksudkan agar setiap penyelenggaraan kehutanan harus memberikan peluang dan kesempatan yang sama kepada semua warga negara sesuai dengan kemampuannya, sehingga dapat meningkatkan kemakmuran seluruh rakyat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pemberdayaan masyarakat desa hutan dalam pengelolaan hutan di kawasan Basecamp Pendakian Gunung Andong Kabupaten Magelang dan hambatan apa saja yang ditemui dalam pemberdayaan masyarakat desa hutan untuk pengelolaan hutan di kawasan Basecamp Pendakian Gunung Andong Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Sumber data yang digunakan ialah primer dan sekunder, data primer dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan survei kuesioner. Data sekunder didapatkan melalui peraturan perundang�undangan terkait dan juga buku-buku. Metode pengumpulan data dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket responden kepada masyarakat. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Proses analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pemberdayaan masyarakat desa hutan dalam pengelolaan hutan di kawasan basecamp pendakian Gunung Andong Kabupaten Magelang Perum Perhutani sudah memenuhi hampir seluruh kewajibannya dan LMDH Giri Mulyo sudah hampir memenuhi seluruh kewajibannya. Hambatan yang ditemui dalam pemberdayaan masyarakat tersebut ditemui bahwa kurangnya koordinasi dan komunikasi yang menghambat pemberdayaan masyarakat setempat. Perum Perhutani dan LMDH Giri Mulyo harus lebih selaras agar dapat mewujudkan dan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat desa hutan, dan dipermudahkannya pemberikan bantuan dana kepada masyarakat desa hutan di kawasan Basecamp Pendakian Gunung Andong untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat Desa Hutan, Pengelolaan Hutan
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:39
Last Modified: 26 Jan 2022 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48616

Actions (login required)

View Item View Item