(ABSTRAK) STANDARDISASI KOMPETENSI GURU MELALUI SERTIFIKASI (Studi Kasus pada Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 1 Semarang)
Sigit Prasetyo , 1102405019 (2009) (ABSTRAK) STANDARDISASI KOMPETENSI GURU MELALUI SERTIFIKASI (Studi Kasus pada Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 1 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) STANDARDISASI KOMPETENSI GURU MELALUI SERTIFIKASI (Studi Kasus pada Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 1 Semarang))
- Published Version
Download (71kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau program standardisasi melalui sertifikasi guru dan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran yang berlangsung pada kelas yang diajar oleh guru yang bersertifikasi di SMP N 1 Semarang yang akan dikaji dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Latar belakang Penelitian ini adalah langkah pemerintah dalam merancang sebuah program standardisasi pendidikan melalui sertifikasi kependidikan bagi guru yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan proses dan kualitas hasil pendidikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan oleh peneliti yang bertujuan untuk menggambarkan keadaaan atau status untuk fenomena yang terjadi dilapangan. Penelitian kualitatif menghasilkan data penelitian berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang diamati. Metode penelitian ini digunakan untuk mendapatkan data penelitian yang sebenar-benarnya tentang program sertifikasi guru di SMP N 1 Semarang dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas yang diajar oleh guru bersertifikasi di SMP N 1 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi, yaitu dengan cara memeriksa ulang informasi hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan sesuatu diluar data tersebut untuk menggunakannya sebagai alat untuk pembanding data ataupun untuk mengecek data. Setelah itu mereduksi data – data sehingga terbentuklah data yang akan digunakan untuk disajikan. kemudian tereduksi sampai kepada tahapan terakhir yaitu penyajian data yang tersusun sistematis. Hasil penelitian yang peneliti lakukan adalah, peneliti mendapatkan data penelitian tentang proses sertifikasi guru di SMP N 1 Semarang dan kondisi kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas yang diajar oleh guru bersertifikasi di SMP N 1 Semarang. Dari program sertifikasi yang dilaksanakan oleh guru, dilihat dari persiapan guru, pelaksanaan, dan evaluasi yang terjadi menunjukkan bahwa proses pelaksanaan sertifikasi di SMP N 1 Semarang berhasil. Dari lima informan yang diteliti semuanya lulus uji sertifikasi tanpa mengikuti PLPG. Ditinjau dari pembelajaran yang dilakukan, terlihat dari perencanaan pembelajaran guru-guru tersebut sudah memenuhi kriteria karena telah mempersiapkan perangkat pembelajaran, dan bahan ajar. Hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran berlangsung kondusif, baik dilihat proses pembelajaran, guru maupun siswa. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan menggunakan evaluasi formatif dan sumatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standardisasi Kompetensi Guru, Sertifikasi, Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2011 07:04 |
Last Modified: | 28 Sep 2011 07:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4860 |
Actions (login required)
View Item |