PENINGKATAN KEMAMPUAN ECOLITERACY MELALUI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAHOOT GAMES SUBTEMA PEMANFAATAN SDA HAYATI DAN NONHAYATI UNTUK SISWA SD


Dewi Nilam Tyas, - (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN ECOLITERACY MELALUI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAHOOT GAMES SUBTEMA PEMANFAATAN SDA HAYATI DAN NONHAYATI UNTUK SISWA SD. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 10 (2). pp. 115-125. ISSN 2088-3331

[thumbnail of Artikel Jurnal Qalam + sampul +daftar isi - Dewi Nilam Tyas.pdf] PDF
Download (564kB)

Abstract

Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) sebagai bagian dari konservasi Sumber Daya Alam perlu dipahami dengan baik, salah satunya melalui gerakan ecoliteracy (literasi yang mempelajari manusia dan lingkungan), sehingga diharapkan siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis kahoot games untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy, dan mengetahui keefektifan media tersebut untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, skala, dan tes. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji-t sampel independen dengan uji prasyarat uji normalitas & homogenitas, dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Kahoot games yang dikembangkan sangat layak untuk diujicobakan (95,5%) dan efektif untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy siswa kelas IV SD (N-Gain=69,9%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ecoliteracy, kahoot game, media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:53
Last Modified: 25 Jan 2022 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48597

Actions (login required)

View Item View Item