PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT PEREDARAN OBAT DI KOTA JAKARTA TIMUR


DELLA LUYSKY SELIAN, 8111416211 (2021) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT PEREDARAN OBAT DI KOTA JAKARTA TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT  PEREDARAN OBAT DI KOTA JAKARTA TIMUR] PDF (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT PEREDARAN OBAT DI KOTA JAKARTA TIMUR)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Obat merupakan komponen penting dalam sistem kesehatan nasional, penggunaan obat penting untuk mempertimbangkan aspek keamanan, mutu, khasiat/ manfaat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perlindungan konsumen terkait peredaran obat di Kota Jakarta Timur? dan (2) Bagaimana pengawasan yang dilakukan terkait peredaran obat di Kota Jakarta Timur?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Perlindungan Konsumen terkait peredaran obat di Kota Jakarta Timur dan Pengawasan yang dilakukan terkait peredaran obat di Kota Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini dilakukan di BBPOM Jakarta. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder dengan bentuk observasi, wawancara, kuesioner, pengambilan sampel dengan simple random sampling. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perlindungan Konsumen yang diberikan oleh BBPOM Jakarta yaitu dengan melakukan pengawasan, pemeriksaan, sertifikasi, pengambilan contoh, pengujian, penyidikan, pengelolaan komunikasi, informasi, edukasi, dan layanan pengaduan konsumen. (2) Pengawasan yang dilakukan BBPOM Jakarta yaitu dengan melakukan pengawasan premarket dan postmarket serta melakukan sosialisasi dengan masyarakat selaku konsumen dan apoteker serta pemilik toko obat selaku pelaku usaha. Simpulan: (1) Perlindungan Konsumen yang diberikan terhadap peredaran obat sudah sesuai dengan yang diatur dalam Pasal 4 Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Di Lingkungan Badan Pengawas Obat Dan Makanan. (2) Pengawasan yang dilakukan oleh BBPOM Jakarta belum maksimal dengan masih terdapatnya peredaran obat palsu. Saran peneliti bagi BBPOM Jakarta hendaknya melakukan pengawasan yang rutin serta menyeluruh dan hendak lebih aktif lagi dalam memberikan informasi, edukasi untuk konsumen dan pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Pengawasan, Peredaran Obat
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:21
Last Modified: 20 Jan 2022 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48575

Actions (login required)

View Item View Item