Tinjauan Yuridis Jual Beli Telepon Genggam Pasar Gelap Secara Daring


MUHAMMAD ADAM FARIZKO, 81114162188 (2020) Tinjauan Yuridis Jual Beli Telepon Genggam Pasar Gelap Secara Daring. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tinjauan Yuridis Jual Beli Telepon Genggam Pasar Gelap  Secara Daring] PDF (Tinjauan Yuridis Jual Beli Telepon Genggam Pasar Gelap Secara Daring)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Telepon genggam merupakan sarana komunikasi multifungsi yang selalu dibawa penggunanya, meningkatnya permintaan pasar terhadap telepon genggam di Indonesia sehingga sekarang sangatlah mudah untuk memasarkan suatu barang, yaitu dengan memanfaatkan internet yang sekarang kita kenal dengan sebutan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa mengenai: 1) Regulasi hukum terhadap jual beli Telepon genggam pasar gelap yang secara daring 2) Perlindungan Hukum terhadap konsumen yang melakukan jual beli telepon genggam pasar gelap secara daring.. Penelitian ini mengunakan Yuridis Normatif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari data primer yaitu wawancara dan observasi dan juga data sekunder yaitu studi kepustakaan. Untuk memeriksa objektifitas dan keabsahan data dilapangan dengan Teknik triangulasi dan validitas data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa fenomena jual beli Telepon genggam pasar gelap menyebabkan peningkatan minat daya beli konsumen. Akibat yang ditimbulkan dari jual beli tersebut adalah memudahkan para distributor telepon genggam untuk menggelapkan produknya lebih banyak lagi, akan tetapi dapat menimbulkan kerugian pada negara dalam sektor perpajakan dan dapat merusak stabilitas pasar telepon genggam. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah Fenomena Pemerintah telah memberikan upaya hukum preventif dengan memberlakukan beberapa peraturan perundang-undangan diantaranya KUHPer, KUHP, UU ITE, UU Perlindungan Konsumen sampai Peraturan Menteri. Sarannya adalah perlunya peningkatan pengawasan dari pemerintah dalam hal ini, pihak bea dan cukai, akan mengurangi adanya potensi penyelundupan dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Telepon Genggam, Pasar Gelap, Daring.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:50
Last Modified: 20 Jan 2022 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48572

Actions (login required)

View Item View Item