PERAN KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (STUDI KASUS PADA DESA KARANGANOM KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN)


DANI BAGUS ARIS TYAWAN, 8111416140 (2021) PERAN KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (STUDI KASUS PADA DESA KARANGANOM KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA  SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (STUDI KASUS PADA DESA KARANGANOM KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN)] PDF (PERAN KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (STUDI KASUS PADA DESA KARANGANOM KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN))
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peran Kepala Desa adalah memimpin penyelenggaraan Pemerintahan serta pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan Desa. Alokasi Dana Desa dimaksudkan adalah untuk membiayai program Pemerintahan Desa dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan dan pemberdayaan. Kesejahteraan masyarakat yaitu suatu kondisi yang menunjukkan tentang keadaan kehidupan masyarakat yang dapat dilihat dari standar kehidupan masyarakat. Penulis mengambil rumusan masalah : (1) Bagaimana peran kepala desa dalam mengalokasikan penggunaan dana Desa Karanganom Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten? (2) Bagaimana upaya kepala desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Karanganom Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala desa dalam mengalokasikan penggunaan dana Desa Karanganom Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten dan peran kepala desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Karanganom Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten. Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang akan penulis gunakan dengan penelitian yuridis sosiologis. Subjek penelitian yaitu kepala desa, sekretaris desa, ketua RW dan perwakilan masyarakat. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan pada desa Karanganom kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten menunjukkan bahwa kepala desa menjalankan perannya dengan semestinya, begitu pula dengan perangkat desa, BPD serta masyarakat desa. Kepala desa melakukan tugasnya untuk mengelola dana desa dengan kompeten dan dapat dipertanggung jawabkan. Pengalokasian dana desa sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat mengalami perubahan karena adanya pandemi covid-19. Upaya kepala desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa meliputi pemberdayaan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK, pembinaan karangtaruna di seluruh wilayah Desa Karanganom, pemberdayaan Linmas, memberi fasilitasi UMKM, dan kegiatan posyandu. Kepala desa berperan dengan baik serta menjadi motivator, fasilitator dan mobilisator. Dana desa dialokasikan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat. Upaya kepala desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan pembangunan jalan, pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan covid-19. Upaya kepala desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sudah berjalan dengan baik menyesuaikan keadaan di masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Desa, Pengelolaan Dana Desa, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:11
Last Modified: 20 Jan 2022 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48564

Actions (login required)

View Item View Item