STUDI DESKRIPTIF SANITASI TEMPAT IBADAH DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Aulia Evi Rahmawati, 6411413008 (2020) STUDI DESKRIPTIF SANITASI TEMPAT IBADAH DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI DESKRIPTIF SANITASI TEMPAT IBADAH DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (STUDI DESKRIPTIF SANITASI TEMPAT IBADAH DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Sanitasi tempat ibadah merupakan masalah kesehatan masyarakat yang cukup berisiko, karena tempat ibadah menjadi tempat bertemunya masyarakat pada waktu tertentu dalam melakukan ibadah. Tempat ibadah di Unnes tidak hanya untuk beribadah, tetapi juga untuk tempat berkumpulnya kegiatan mahasiswa, apabila kondisi sanitasi tempat ibadahnya buruk berisiko menjadi tempat penularan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang kondisi sanitasi tempat ibadah di Unnes. Jenis penelitiaan ini adalah deskriptif observasional dan rancangan cross sectional. Sampel yang ditetapkan sebesar 36 tempat ibadah dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan pengukuran. Data dianalisis secara deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tempat ibadah di Unnes memiliki sistem pencahayaan yang buruk (63,9%), sanitasi toilet yang buruk (50%), sistem penghawaan yang buruk (38,9%), sanitasi ruang ibadah yang buruk (30,6%), kondisi tempat sampah yang buruk (19,4%), dan sanitasi ruang wudhu yang buruk (16,7%). Sedangkan penyediaan air bersih (100%) dan saluran pembuangan air limbah (100%) dalam kondisi yang baik. Saran dari penelitian ini adalah tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan toilet, ruang ibadah dan ruang wudhu, mengganti lampu yang tidak berfungsi, serta membersihkan alas sholat secara periodik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi Tempat Ibadah, Ruang Ibadah, Ruang Wudhu, Toilet, Pencahayaan, Penghawaan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:48
Last Modified: 20 Jan 2022 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48559

Actions (login required)

View Item View Item