PERBEDAAN LATIHAN METODE DRILL GAYA JONGKOK DAN GAYA MELAYANG TERHADAP HASIL LOMPATAN ATLET LOMPAT JAUH PPLOPD SALATIGA


KRIVAN ARDANA PRAMUSETYA, 6301416177 (2020) PERBEDAAN LATIHAN METODE DRILL GAYA JONGKOK DAN GAYA MELAYANG TERHADAP HASIL LOMPATAN ATLET LOMPAT JAUH PPLOPD SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN LATIHAN METODE DRILL GAYA JONGKOK DAN GAYA MELAYANG TERHADAP HASIL LOMPATAN ATLET LOMPAT JAUH PPLOPD SALATIGA] PDF (PERBEDAAN LATIHAN METODE DRILL GAYA JONGKOK DAN GAYA MELAYANG TERHADAP HASIL LOMPATAN ATLET LOMPAT JAUH PPLOPD SALATIGA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mencari perbedaan drill pada gaya jongkok dan melayang serta mencari mana gaya yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan drill pada gaya jongkok dan melayang serta mencari mana gaya yang lebih baik. Penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Variabel penelitian ini yaitu latihan drill gaya jongkok dan gaya melayang. Sampel 4 atlet PPLOPD Salatiga dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes lompat jauh. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat perbedaan sebelum drill dan sesudah drill pada tahap awalan dan pendaratan namun tidak ada perbedaan pada tahap tolakan. Pada fase melayang di udara sebelum dan sesudah drill pada gaya jongkok dan melayang belum maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan latihan metode drill gaya jongkok dan gaya melayang dalam meningkatkan hasil lompatan pada atlet PPLOPD Kota Salatiga. Drill gaya melayang lebih efektiv dalam meningkatkan prestasi lompatan pada atlet PPLOPD Kota Salatiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Drill, Gaya Jongkok, Gaya Melayang, Lompat Jauh.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:41
Last Modified: 20 Jan 2022 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48557

Actions (login required)

View Item View Item