SINERGITAS ANTAR ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DALAM PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 27 TAHUN 2019 TENTANG PENGENDALIAN PENGGUNAAN PLASTIK


Fatkhan Maulana Akbar, 8111416124 (2021) SINERGITAS ANTAR ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DALAM PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 27 TAHUN 2019 TENTANG PENGENDALIAN PENGGUNAAN PLASTIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SINERGITAS ANTAR ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DALAM  PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 27  TAHUN 2019 TENTANG PENGENDALIAN PENGGUNAAN PLASTIK] PDF (SINERGITAS ANTAR ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DALAM PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 27 TAHUN 2019 TENTANG PENGENDALIAN PENGGUNAAN PLASTIK)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pengendalian penggunaan plastik di kota Semarang merupakan salah satu upaya dari Pemerintah dalam mengurangi timbulan sampah yang mencapai 1200 – 1300 ton setiap harinya. Pemerintah Kota Semarang menerapkan Peraturan Walikota Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pengendalian Penggunaan Plastik dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan plastik sekali pakai. Permasalahan yang akan dikaji penulis adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan Pengendalian Penggunaan Plastik berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 27 Tahun 2019, 2) Sinergitas Pengendalian Penggunaan Plastik berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 27 Tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan sinergitas pengendalian penggunaan plastik di Kota Semarang. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian yuridis sosiologis, sumber data primer dan sekunder dengan bentuk wawancara, observasi, dokumen, dan kepustakaan, keabsahan triangulasi sumber. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa: Pelaksanaan pengendalian penggunaan plastik sudah terlaksana dengan baik namun kurang optimal dikarenakan kurang massifnya sosialisasi kebijakan yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan rantai koordinasi yang panjang pada penindakan kebijakan pengendalian penggunaan plastik sedangkan pada konteks Sinergitas pengendalian penggunaan plastik sudah berjalan dengan baik namun masih terbatas pada pendekatan tupoksi yang menjadi rantai panjang komunikasi dan koordinasi pada pelaksanaan kebijakan ini. Pemerintah hendaknya meninjau kembali Peraturan Walikota nomor 27 tentang pengendalian penggunaan plastik, membuat skema peta jalan pengendalian penggunaan plastik kepada produsen dan membentuk satuan organisasi yang lebih sederhana pada pelaksanaan pengendalian penggunaan plastik. Sehingga pelaksanaan Pengendalian Penggunaan Plastik dapat berjalan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sinergitas, Pengendalian, Plastik.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:39
Last Modified: 20 Jan 2022 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48556

Actions (login required)

View Item View Item