PERAN JUSTICE COLLABORATOR TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI JAWA TENGAH


ADIB NOR FUAD, 8111416107 (2021) PERAN JUSTICE COLLABORATOR TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN JUSTICE COLLABORATOR TINDAK PIDANA  NARKOTIKA DI JAWA TENGAH] PDF (PERAN JUSTICE COLLABORATOR TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI JAWA TENGAH)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Angka tindak pidana narkotika dewasa ini yang semakin meningkat tidak di barengi dengan penanganan kasus yang maksimal oleh aparat penegak hukum, di sisi lain tindak pidana ini merupakan tindak pidana yang terorganisir dengan baik dan modus operandi yang semakin canggih sehingga dalam mengungkap jaringan yang lebih luas aparat penegak hukum kerap kali mengalami kesulitan. Maka dari itu, hadirlah konsep justice collaborator untuk menanggulangi dan mengatasi hambatan dalam mengungkap kasus tindak pidana narkotika yang ada di Jawa Tengah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran pelaku tindak pidana narkotika sebagai justice collaborator di Jawa Tengah, (2) Bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam menetapkan pelaku tindak pidana narkotika sebagai justice collaborator, dan (3) Bagaimana implementasi pemenuhan hak-hak pelaku tindak pidana narkotika sebagai justice collaborator di Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pelaku tindak pidana narkotika sebagai justice collaborator, dan dasar pertimbangan hakim dalam menetapkan pelaku tindak pidana narkotika sebagai justice collaborator, serta implementasi pemenuhan hak-hak pelaku tindak pidana narkotika sebagai justice collaborator yang ada di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis sosiologis. Data yang dikumpulkan berupa data sekunder, primer dan tersier dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Direktorat Reserse Nakoba Polda Jawa Tengah, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah, Kejaksaan Negeri Semarang, Pengadilan Negeri Semarang dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 A Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum terlaksananya konsep justice collaborator terhadap kasus narkotika di tingkat penyidikan, penuntutan dan persidangan di Jawa Tengah, serta predikat justice collaborator baru diperoleh pelaku saat pelaksanaan pidana

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Narkotika, Justice Collaborator
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:29
Last Modified: 20 Jan 2022 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48553

Actions (login required)

View Item View Item