PERAN MUALLAF CENTER MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) JAWA TENGAH DALAM PEMBINAAN DAN PENGELOLAAN HAK ZAKAT BAGI MUALLAF


MOHAMMAD ARINAL HUDA, 8111416103 (2021) PERAN MUALLAF CENTER MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) JAWA TENGAH DALAM PEMBINAAN DAN PENGELOLAAN HAK ZAKAT BAGI MUALLAF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MUALLAF CENTER MAJELIS ULAMA  INDONESIA (MUI) JAWA TENGAH DALAM  PEMBINAAN DAN PENGELOLAAN HAK ZAKAT  BAGI MUALLAF] PDF (PERAN MUALLAF CENTER MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) JAWA TENGAH DALAM PEMBINAAN DAN PENGELOLAAN HAK ZAKAT BAGI MUALLAF)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan rukun islam yang ketiga bagi umat muslim, menunaikan zakat berarti mensucikan diri dari sifat kikir. Badan Amil Zakat Nasional yang selanjutnya disebut BAZNAS merupakan Lembaga pengelola dan penyalur zakat kepada delapan Mustahik yang salah satunya adalah Muallaf yang dimana BAZNAS bekerjasama dengan Muallaf Center MUI yang berupaya mengoptimalkan perannya dalam pembinaan dan pengelolaan hak zakat bagi Muallaf. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui :1). Pelaksanaan distribusi hak muallaf oleh Muallaf Center MUI Jawa Tengah, 2). Peran Muallaf Center Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah dalam pembinaan dan pengelolaan hak zakat bagi muallaf yang diamanahi oleh BAZNAS Jawa tengah. Metode penelitian untuk mengetahui Peran Muallaf Center Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah dalam pembinaan dan pengelolaan hak zakat bagi muallaf adalah menggunakan yuridis empiris, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder sedangkan untuk metode pengumpulan data adalah studi observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan 1). Muallaf Center MUI Jawa Tengah bekerja sama dengan BAZNAS Provinsi Jawa Tengah. BAZNAS Provinsi Jawa Tengah menetapkan besaran dana bagi muallaf sebesar 2,5% yang dapat digunakan Muallaf Center MUI Jawa Tengah untuk pembinaan dan pemenuhan hak muallaf. 2). Peran Muallaf Center MUI Jawa Tengah dalam pembinaan muallaf sudah dilakukan dengan baik mulai dari pembinaan secara aqidah keislaman serta pembinaan secara ekonomi dan program-program sebagai wawasan keislaman, akan tetapi program pembinaan dan pendataan muallaf belum sepenuhnya merata seluruh Jawa Tengah karena Muallaf Center MUI merupakan Lembaga yang baru berkembang. Simpulan dari penelitian ini adalah 1). Muallaf Center MUI Jawa Tengah bekerjasama dengan BAZNAS Provinsi Jawa tengah dalam pemenuhan hak muallaf . 2). Peran Muallaf Center MUI Jawa Tengah bagi Sebagian muallaf dirasa sudah baik, akan tetapi masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki khususnya dalam pembinaan muallaf yang ada di seluruh Jawa tengah. Saran dalam penelitian ini 1).Muallaf Center MUI Jawa Tengah harus terus mengembangkan programnya dan juga menjalin mitra dengan instansi lainnya untuk memkasimalkan pemenuhan hak muallaf. 2).Muallaf Center MUI Jawa Tengah diharapkan tetap konsisten dalam membina dan memenuhi hak muallaf khususnya mengenai aqidah keislaman dimana hal tersebut menjadi faktor penting bagi orang yang baru masuk islam untuk menjadi muslim yang sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Baznas, Pembinaan, Muallaf, Muallaf Center
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:23
Last Modified: 20 Jan 2022 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48551

Actions (login required)

View Item View Item